Atasi Suara Serak Seperti Raffi Ahmad Pakai Bahan Rumahan, Begini Caranya!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Atasi Suara Serak Seperti Raffi Ahmad Pakai Bahan Rumahan, Begini Caranya!
Raffi Ahmad [Revi C Rantung/Suara.com]

Cara mengatasi suara serak dan hampir hilang seperti Raffi Ahmad menggunakan bahan rumahan.

Suara.com - Setelah liburan panjang, Raffi Ahmad justru mengeluhkan suaranya sudah serak dan mudah hilang di hari pertama kali bekerja beberapa hari lalu.

Raffi Ahmad juga mengaku memiliki benjolan di tenggorokannya yang bisa membuat suaranya hilang sewaktu-waktu.

Melalui Vicky Prasetyo, Raffi Ahmad mengaku ingin melakukan gurah untuk mengembalikan kondisinya. Vicky juga bercerita sering mendengar suara Raffi Ahmad hilang dan serak.

Perlu diketahui gurah adalah metode pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dalam tubuh menggunakan ramuan herbal. Selain gurah, suara serak dan mudah hilang juga bisa diobati dengan beberapa bahan alami lainnya.

Melansir dari Healthline, orang yang sering mengalami suara serak dan hilang akibat sering menggunakan suaranya atau berteriak perlu istirahat tanpa suara.

Karena suara yang serak akibat pita suara membengkak dan teritasi membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan. Caranya dengan mengistirahatkan suara dalam beberapa hari hingga bulan.

Selain itu, ada pula pengobatan rumahan yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan pemulihan.

Ilustrasi air garam. (Shutterstock)
Ilustrasi air garam. (Shutterstock)

1. Kumur air garam hangat

Kumur air garam hangat dapat meredakan sakit tenggorokan dan iritasi yang menyebabkan suara serak. Cukup campurkan 1/4 - 1/2 sendok teh garam ke segelas air hangat lalu aduk merata.

Setelah itu, minum dalam satu kali tegukan dan kumur-kumur hingga ke belakang tenggorokan dan keluarkan. Ulangi cara ini beberapa kali.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang membantu tubuh melawan infeksi penyebab suara serak. Caranya, tuangkan 1-2 sendok makan cuka sari apel ke segelas air.

Setelah itu, tambahkan madu untuk membuat rasanya lebih enak dan minumlah 1-2 kali sehari sampai kondisi membaik.

3. Teh campur madu

Teh herbal seperti chamomile mengandung antioksidan yang menguatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Penelitian telah menunjukkan minum teh campur madu dapat mengurangi produksi lendir dan mengobati batuk penyebab suara serak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS