Waspada, Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah Bisa Merusak Kulit

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Waspada, Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah Bisa Merusak Kulit
Ilustrasi tisu basah setelah diusapkan ke wajah (Shutterstock)

Membersihkan wajah dengan tisu basah berdampak buruk pada kulit jika terus menerus dilakukan.

Suara.com - Beberapa orang terkadang merasa malas untuk membersihkan wajah di kamar mandi, sehingga hanya akan menggunakan tisu basah sebagai alternatifnya.

Namun ini bukanlah hal yang bagus untuk kulit, karena dapat berdampak 5 hal ini, seperti yang dilansir dari Avoskinbeauty.

1. Membuat iritasi

Bahan kimia yang terlalu banyak pada tisu basah, salah satunya adalah pengawet tinggi akan menyebabkan kulit wajah menjadi teriritasi.

Zat kimia ini akan menyebabkan kulit gatal dan kemerahan di wajah.

2. Mata kendur

Beberapa orang pasti telah membersihkan mata menggunakan tisu basah dengan tekanan kuat untuk membuat riasan di mata hilang. Tapi ternyata hal ini membuat area di sekitar mata menjadi longgar dan mata mengendur.

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan penghapus riasan berbasis minyak sehingga riasan mata dan kotoran terangkat secara maksimal.

Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

3. Kulit kering

Jaringan basah ini akan menghilangkan kelembapan pada wajah karena terlalu banyak bahan kimia di dalamnya. Akibatnya kulit wajah menjadi kering dan terlihat kasar.

4. Muncul jerawat

Tisu basah tidak bisa membersihkan riasan dan mengangkat kotoran dengan sempurna, tetapi justru menyebabkan lengket dan tidak membersihkan wajah.

Selain itu, wajah yang tidak bersih memicu masalah sempurna seperti komedo dan jerawat di kulit.

5. Muncul garis-garis halus

Membersihkan wajah Anda dengan tisu basah memerlukan sedikit tekanan jika Anda ingin wajah yang benar-benar bersih. Nah, tekanan yang dilakukan terus menerus akan menyebabkan garis-garis halus dan bahkan kerutan di wajah.

Lima efek buruk di atas akan menyusul Anda jika Anda terlalu sering membersihkan wajah menggunakan tisu basah.

Laman kecantikan ini merekomendasikan untuk membersihkan wajah Anda dengan micellar water, cleansing oil, atau cleansing milk. Setelah itu, selesaikan dengan sabun pembersih wajah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS