Istri Presiden Suriah Sembuh dari Kanker Payudara, Begini Pengangkatannya

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Istri Presiden Suriah Sembuh dari Kanker Payudara, Begini Pengangkatannya
Istri Presiden Suriah sembuh dari kanker payudara (Instgram/asmaalassad)

Bagaimana cara pengangkatan tumor penyebab kanker payudara seperti yang diidap Asma al-Assad?

Suara.com - Asma al-Assad, istri Presiden Suriah Bashar al-Assad, dikabarkan telah sembuh dari kanker payudara yang dideritanya sejak tahun lalu pada Sabtu (3/8/2019).

Melansir Jerusalem Post, setahun yang lalu kepresidenan Suriah mengunggah foto Asma yang sedang memulai pengobatan untuk tumor ganas tersebut.

"Perjalanan saya telah berakhir, dengan semua rasa sakit dan keletihannya, kelemahannya dan bahkan hal-hal positifnya. Puji Tuhan, ini semua berakhir. Aku telah sepenuhnya menang atas kanker," kata Asma dalam wawancara yang disiarkan pada Sabtu malam.

Dia mengatakan telah menerima perawatan kemoterapi di rumah sakit militer Suriah.

Berdasarkan Cancer.net, dokter umumnya akan merekomendasikan operasi untuk mengangkat tumor dahulu.

Istri Presiden Suriah sembuh dari kanker payudara (Instgram/asmaalassad)
Istri Presiden Suriah sembuh dari kanker payudara (Instgram/asmaalassad)

Untuk memastikan bahwa seluruh tumor dihilangkan, dokter bedah juga akan mengangkat area kecil jaringan sehat di sekitar tumor atau margin.

Tetapi untuk kanker yang sudah stadium lanjut, atau tumor tumbuh lebih cepat, dokter akan merekomendasikan perawatan sistemik dengan kemoterapi atau terapi hormon sebelum operasi. Terapi ini disebut dengan neoadjuvant.

Secara umum, semakin kecil tumornya, semakin banyak pilihan bedah yang dimiliki pasien. Berikut jenis operasi yang dapat dilakukan:

1. Lumpektomi

Ini adalah pengangkatan tumor dan margin kecil dari jaringan sehat di sekitar tumor. Sebagian besar payudara tetap ada.  Untuk kanker invasif, terapi radiasi ke jaringan payudara yang tersisa umumnya direkomendasikan setelah operasi.

Sedangkan untuk karsinoma duktal in situ (DCIS) atau kanker payudara non-invasif, terapi radiasi setelah operasi dapat menjadi pilihan.

Lumpektomi juga bisa disebut operasi konservasi payudara, mastektomi parsial, kuadranektomi, atau mastektomi segmental.

2. Mastektomi

Ini adalah operasi pengangkatan seluruh payudara.

Ada beberapa jenis mastektomi, yaitu simpel atau total mastectomy, radikal, modifikasi radikal, nipple-sparing mastectomy dan mastektomi ganda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS