5 Berita Hits : Bocah Mimisan Gegara Lintah, Penyakit Autoimun Raditya Dika

Ririn Indriani
5 Berita Hits : Bocah Mimisan Gegara Lintah, Penyakit Autoimun Raditya Dika
Raditya Dika derita penyakit autoimun. (YouTube/Raditya Dika)

Kejadian lagi lintah masuk ke dalam tubuh anak dan ketahui yuk penyebab dan gejala penyakit autoimun yang diderita Raditya Dika.

Suara.com - 5 Berita Hits : Bocah Mimisan Gegara Lintah, Penyakit Autoimun Raditya Dika

Hati-hati bila Anda dan keluarga jalan-jalan ke tempat lembab seperti hutan, kebun, pegunungan, karena rawan terdapat lintah. Hewan melata yang dikenal mengisap darah ini tak hanya bisa menempel di tubuh bagian luar, tapi juga bisa masuk ke dalam tubuh seperti lubang hidung, menempel di bagian tersebut lalu mengisap darahnya.

Itulah yang dialami bocah asal Solo yang awalnya menderita mimisan selama hampir sebulan. Awalnya dokter mengira bocah yang bernama Izan mimisan, karena kecapekan, tapi setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata ada lintah yang menempel di hidungnya.

Kasus ini sontak viral lantaran menyedot perhatian banyak orang. Inilah yang menjadi alasan mengapa berita ini menjadi salah satu berita menarik dari kanal kesehatan Suara.com, Minggu (1/9/2019) yang sangat penting untuk perhatian orangtua.

Selain viral bocah mimisan gara-gara lintah, masih ada lagi empat berita menarik lainnya dari kanal kesehatan. Apa saja? Berikut rangkumannya yang dihimpun Suara.com.

1. Viral Bocah Asal Solo Mimisan Sebulan, Ternyata Gara-gara Lintah!

Bocah asal Solo mimisan tak berhenti gara-gara kemasukan lintah (Facebook/Setyo Pe-Je Chelsea)
Bocah asal Solo mimisan tak berhenti gara-gara kemasukan lintah (Facebook/Setyo Pe-Je Chelsea)

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan seorang anak kecil yang hidungnya tidak berhenti berdarah alias mimisan. Selama hampir sebulan, orangtua bocah yang bernama Izan memeriksakannya ke dokter.

Saat itu dokter hanya mengatakan Izan kecapekan dan kepanasan sehingga sering mengalami mimisan. Selebihnya, dokter hanya memberi Izan obat minum untuk mengatasi mimisannya.

Baca selengkapnya

2. Khasiat Tanaman Adas untuk Wanita Menopause, Bisa Tingkatkan Gairah Seks

Ilustrasi pasangan saat bercinta. [shutterstock]
Ilustrasi pasangan saat bercinta. [shutterstock]

Adas atau adas pedas adalah tanaman rempah asli kawasan Mediterania yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Namun, katanya rempah-rempah satu ini juga dapat meningkatkan gairah seks wanita menopause. Benarkah begitu?

Melansir Hellosehat, sebuah penelitian di Iran tahun 2018 lalu melaporkan bahwa adas (Foeniculum vulgare) dapat membantu meringankan gejala-gejala menopause tanpa efek samping. 

Baca selengkapnya

3. Keren, Peneliti Unsoed Temukan Alat Deteksi Dini Anemia untuk Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil pusing dan lesu, karena anemia. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil pusing dan lesu, karena anemia. (Shutterstock)

Seorang peneliti Laboratorium Keperawatan Maternitas, Fakultas Ilmu-Ilmu kesehatan (Fikes) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah, Mekar Dwi Anggraeni, SKep Ns MKep PhD menemukan cara mudah mendeteksi dini gejala dan penyakit kurang darah atau dikenal anemia. Cara mudah itu diberi nama Deteksi Dini Anemia (Denia).

“Ibu hamil bisa melakukan deteksi dini anemia sendiri dengan menggunakan aplikasi yang bisa di-download secara gratis di telepon seluler,” kata Mekar Dwi Anggraeni kepada Suara.com, Minggu (1/9/2019).

Baca selengkapnya

4. Jessica Iskandar Alergi Anestesi, Ternyata Penyebabnya Perawatan Ini

Richard Kyle dan Jessica Iskandar. [Yuliani/Suara.com]
Richard Kyle dan Jessica Iskandar. [Yuliani/Suara.com]

Beberapa hari lalu, Jessica Iskandar mengeluhkan kulit wajahnya yang memerah karena alergi anestesi. Hal itu membuat Jessica Iskandar tidak bisa bekerja sementara waktu karena wajahnya tidak boleh terpapar sinar matahari dan makeup.

Jessica Iskandar pun sering mengunggah perkembangan kondisi wajahnya. Ibu satu anak ini mengaku tidak sempat melakukan cek alergi sebelum anestesi di sebuah klinik kecantikan.

Baca selengkapnya

5. Raditya Dika Derita Penyakit Autoimun, Cari Tahu Penyebab dan Gejalanya!

Raditya Dika. (Dok: Kemenpar)
Raditya Dika. (Dok: Kemenpar)

Beberapa waktu lalu, Raditya Dika bersama istri dan anaknya baru saja pergi ke Singapura. Bukan untuk liburan, Raditya Dika pergi ke Singapura untuk kontrol penyakitnya.

Dalam vlog channel Youtube miliknya, Raditya Dika mengaku punya penyakit autoimun. Oleh karena itu, ia harus kontrol kondisi kesehatannya setiap tahun ke Singapura.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS