Di Rusun Jatinegara, Menkes Nila Minta Anak-anak Main di Luar Ruangan

M. Reza Sulaiman
Di Rusun Jatinegara, Menkes Nila Minta Anak-anak Main di Luar Ruangan
Menkes Nila kunjungi Rusun Jatinegara dalam rangka Hari Anak Nasional, Minggu (8/9/2019). (Dok. Kemenkes)

Bermain di luar rumah jadi cara anak memulai gaya hidup sehat dan aktif.

Suara.com - Di Rusun Jatinegara, Menkes Nila Minta Anak-anak Main di Luar Ruangan

Gaya hidup sehat dan aktif sudah harus dikenalkan pada anak-anak sejak dini. Daripada hanya bermain gawai di dalam rumah, anak-anak seharusnya dibiarkan aktif bermain di luar ruangan.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek didampingi Dirjen Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH mengunjungi Rumah Susun (Rusun) Jatinegara Barat, Minggu (8/9/2019). Dalam kesempatan ini, ia meminta anak-anak agar lebih sering bermain di luar rumah.

Tak hanya itu, Menkes juga mengingatkan anak-anak agar menjaga etika ketika bermain, seperti tidak mengganggu tetangganya, tidak menggunakan fasilitas bersama seperi lift dan tangga.

"Bermain jangan sampai di dalam gedung karena akan mengganggu tetangga. Bermain lah di luar, lari sana sini menggerakkan tubuh kalian," kata Menkes Nila, dalam siaran pers yang diterima Suara.com.

Kepada anak-anak Menkes Nila mengatakan pola hidup harus dimulai dari dalam rumah. Buang sampah, bersosialisasi, mengolah makanan, dan membuang limbah rumah tangga semuanya sudah ada aturannya tidak boleh lagi sembarangan.

Ia juga meminta kepada anak-anak penghuni Rusun untuk tidak jajan sembarangan dan ini harus dipantau oleh orang tuanya. Anak-anak harus diberi makan sayur dan buah serta perbanyak makan ikan.

Hal yang paling mudah dilakukan adalah mencuci tangan sebelum memakan apapun. Kepada anak-anak Menkes Nila, menekankan untuk melakukan hal tersebut agar terhindar dari kuman yang membuat tubuh sakit.

"Siapa yang suka jajan? Kalian harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memakan makanan. Kalau gak cuci tangan nanti banyak kuman yang ikut termakan dan tubuh kita jadi sakit. Ingat ya cuci tangan sebelum makan," tegas Menkes kepada anak-anak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS