alexametrics

Kerap Dilakukan, 5 Kebiasaan Ini Sebenarnya Sebabkan Pori-pori Besar!

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Kerap Dilakukan, 5 Kebiasaan Ini Sebenarnya Sebabkan Pori-pori Besar!
Ilustrasi pori-pori membesar (Freepik/Spukkato)

Mau tahu, apa saja kebiasaan yang menyebabkan pori-pori bertambah besar?

Suara.com - Orang yang memiliki jenis wajah berminyak memiliki pori-pori yang lebih besar. Melansir Healthline, pori-pori akan terlihat lebih besar ketika tersumbat.

Ini biasanya mengandung kombinasi sebum dan sel kulit mati di folikel rambut di bawahnya. Lama kelamaan, ini akan membuat pori-pori lebih terlihat.

Nah, agar tidak terjadi pada Anda, segera hindari kebiasaan buruk di bawah ini yang dapat membuat pori-pori tersumbat hingga terlihat lebih besar yang dilansir dari Womens Health Magazine.

1. Memencet pori-pori atau jerawat

Baca Juga: Cenderung Membuat Tak Percaya Diri, Ini Cara Meminimalisir Pori-pori Wajah

"Ketika Anda memencet dan meregangkan kulit, ini dapat menyebabkan pembentukan garis halus, peradangan, dan iritasi, yang semuanya memengaruhi ukuran pori dari waktu ke waktu," tutur Joel Schlessinger, MD, dokter kulit bersertifikat.

Gerakan dan tekanan yang keras membuat perpindahan minyak, bakteri, dan kotoran lainnya dari tangan ke kulit yang menyebabkan penyumbatan.

2. Sering menyentuh wajah

"Menyentuh wajah Anda setelah sejumlah aktivitas fisik yang dapat menyebabkan minyak, bakteri, virus, alergen, dan kotoran lainnya berpindah ke kulit Anda dan menyumbat pori-pori," kata Schlessinger.

Ilustrasi pori-pori membesar (Freepik/Shampao)
Ilustrasi pori-pori membesar (Freepik/Shampao)

3. Tidak menghapus makeup wajah sebelum tidur

Baca Juga: Tak Mandi Selama 7 Tahun, Pria ini Alami Penyumbatan Pori-pori Kulit

Jika tidak menghapus wajah sebelum tidur memungkinkan riasan, minyak, dan polutan lingkungan yang berkumpul di kulit sepanjang hari meresap ke pori-pori saat tidur.

Komentar