Mengenal Gangguan Mental Skizofrenia, Begini Cara Menghadapi Penderitanya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Mengenal Gangguan Mental Skizofrenia, Begini Cara Menghadapi Penderitanya
Ilustrasi kesehatan jiwa, kesehatan mental (Shutterstock)

Cara menghadapi seseorang dengan skizofrenia seperti yang dialami oleh anak Elvy Sukaesih.

Suara.com - Haedar, anak sulung Elvy Sukaesih tengah menderita gangguan mental skizofrenia. Kondisinya terungkap setelah mengamuk sambil membawa senjata tajam di sebuah warung dekat rumahnya.

Berdasarkan keterangan Fitria Sukaesih, anak kedua Elvy Sukaesih, kakaknya itu masih dalam tahap pengobatan. Sayangnya, belakangan Haedar tidak meminum obat yang telah dianjurkan dokter.

"Betul memang dia dalam pengobatan, kita juga lagi mau bawa ke rumah sakit, tapi bukan yang ngamuk-ngamuk kaya gitu. Jadi beda ya, kalau orang gila kan hilang ingatan," jelas Fitria Sukaesih, saat dihubungi Suara.com, Sabtu (14/9/2019).

Akibatnya, emosi Haedar menjadi tidak terkontrol hingga membuat keributan dengan mengamuk sambil membawa senjata tajam di warung.

"Akhir-akhir ini kan nggak mau minum obat, makanya dia bisa melonjak gitu, keadaannya nggak stabil lagi gitu. Kami semua nggak ada di rumah, Umi (Elvy Sukaesih) lagi syuting di luar rumah," jelas Fitria Sukaesih.

Anda mungkin sedang atau pernah menghadapi seseorang dengan skizofrenia. Melansir dari Mental Health America, ada beberapa pengobatan dan perawatan untuk mengatasi gangguan mental skizofrenia.

Elvy Sukaesih bersama anak-anaknya menggelar konfrensi pers terkait Haedar yang ngamuk. [Yuliani/Suara.com]
Elvy Sukaesih bersama anak-anaknya menggelar konfrensi pers terkait Haedar yang ngamuk. [Yuliani/Suara.com]

Cara tersebut mulai mengonsumsi obat antipsikotik, perawatan psikososial, hingga perawatan khusus terkoordinasi (CSC). Tetapi, ada pula beberapa hal yang harus dilakukan ketika Anda berhubungan dengan orang skizofrenia.

Melansir dari webmd, Anda harus belajar caranya menanggapi perilaku dan perkataan orang skizofrenia. Ketika seseorang dengan skizofrenia mengalami halusinasi atau delusi lalu mereka mempercayai bahwa iru nyata, Anda tidak seharusnya menentang dan langsung mengatakan bahwa semuanya tidak nyata.

Sebaliknya, Anda harus bersikap baik hati dan menghormati perkataannya. Lalu, katakan padanya bahwa Anda melihat sesuatu dengan cara Anda sendiri.

Ilustrasi kesehatan jiwa, kesehatan mental (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan jiwa, kesehatan mental (Shutterstock)

Anda tidak boleh berdebat, berteriak, mengkritik, mengancam, menyentuh dan berdiri di dekatnya yang membuat mereka merasa terancam.

Lalu, bagaimana jika seseorang dengan skizofrenia memiliki episode psikotik dan halusinasi atau delusi mereka menjadi jauh lebih buruk dan lebih parah?

Segera hubungi dokter ketika mereka masih terus berhalusinasi dan semakin parah, apalagi jika mereka mengancam untuk bunuh diri. Anda juga tidak boleh meninggalkannya sendiri.

Artinya, setiap kali penderita skizofrenia berhalusinasi terus-menerus dan semakin parah. Anda harus segera menghubungi para medis agar cepat mendapat penanganan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS