Baru Melahirkan, Ayu Dewi Ingatkan Pentingnya Dukungan untuk Ibu Baru

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Baru Melahirkan, Ayu Dewi Ingatkan Pentingnya Dukungan untuk Ibu Baru
Ayu Dewi [Wahyu Tri Laksono/Suara.com]

"Harapan saya, semoga lingkungan sekitar paham dengan konsep 'kekhawatiran serta pertanyaan yang berkaitan dengan tingkat percaya diri / self esteem', ini," tulis Ayu.

Suara.com - Pada Selasa (1/10/2019) lalu, selebriti Ayu Dewi baru saja dikaruniai buah hati ketiga, Muhammad Aqli Ataya.

Sama seperti wanita lainnya yang baru saja melahirkan, Ayu juga membagikan pengalamannya pasca-melahirkan putra ketiganya ini.

Ayu menceritakan kekhawatiran yang sering kali dirasakan wanita, di balik kebahagiaan mereka setelah resmi menjadi seorang 'ibu'. Salah satunya tentang kepercayaan diri.

"Di balik semua senyuman, ada hari di mana si Ibu baru ini bertanya-tanya, 'perut penuh kerutku nanti mulus lagi gak ya?',... Dan pertanyaan yang menggelitik kepercayaan diri sekaligus kekhawatirannya," tulis Ayu dalam unggahan Instagramnya, Selasa (15/10/2019).

Oleh sebabnya, Ayu mencoba untuk mengajak masyarakat untuk lebih memahami kekhawatiran ini dengan mendukung wanita yang baru melahirkan.

Ayu Dewi mengajak pengikutnya di Instagram untuk mendukung ibu baru (Instagram/Mrs Ayu Dewi)
Ayu Dewi mengajak pengikutnya di Instagram untuk mendukung ibu baru (Instagram/Mrs Ayu Dewi)

"Harapan saya, semoga lingkungan sekitar, termasuk tetangga, teman kerja, teman, sahabat, keluarga termasuk suami sang ibu-ibu baru melahirkan ini, paham dengan konsep 'kekhawatiran serta pertanyaan yang berkaitan dengan tingkat percaya diri / self esteem', ini," sambung Ayu.

Menurutnya, seorang wanita yang baru melahirkan, terlebih menjadi seorang ibu baru, sangat memerlukan dukungan agar tidak mengalami baby blues.

"Supaya nyaman di masa penyembuhan,di masa mengASI-hi dan menjalankan tugasnya sebagai Ibu," lanjut Ayu.

Termasuk, tambahnya, agar sang Ibu tetap tenang saat bayinya menangis sehingga tidak berujung memutuskan sesuatu yang akan disesalinya.

Melansir stanfordchildrens.org, selama periode postpartum, yang terjadi setelah melahirkan, memang akan banyak terjadi perubahan. Baik secara emosional maupun fisik.

Sedangkan menurut penelitian yang dilansir dari BMC Pregnancy Childbirth, lingkungan sosial seorang ibu baru memiliki manfaat langsung bagi kesehatannya.

Inilah fungsinya dukungan sosial, yaitu untuk mencegah penyakit.

 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS