Alexa

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan Masakan Jepang

Chaerunnisa | Firsta Nodia
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan Masakan Jepang
Ilustrasi makan sushi (Visualphotos)

Ternyata banyak orang selama ini sering salah saat makan masakan Jepang.

Suara.com - Kuliner Jepang kini mulai menjamur di beberapa negara lain, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, kuliner Jepang yang cukup populer antara lain sushi, okonomiyaki, onigiri, yakiniku, ramen, sashimi hingga okigori.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah saat menikmati kuliner khas negeri Matahari Terbit itu. Beberapa koki pun mengungkapkan cara-cara yang salah dalam menikmati sajian Jepang yang banyak dilakukan orang.

Berikut, ragam kesalahan yang sering dilakukan orang saat makan masakan Jepang seperti dilansir Independent:

1. Merendam sushi dalam kecap

Mark Edwards, Kepala Chef di restoran Nobu London & Nobu Berkeley mengatakan, tak sedikit pengunjung restorannya yang merendam sushi dalam kecap. Padahal, kecap hanyalah sebagai pelengkap rasa yang jika dilakukan dengan cara keliru justru dapat menghilangkan cita rasa asli dari sushi yang Anda pilih.

"Cara untuk menghindari hal ini adalah menahan diri untuk tidak membiarkan nasi meresap ke dalam kecap," ungkap dia.

2. Menumpuk jahe di sushi

Acar jahe yang umumnya disajikan di atas meja restoran sushi bukan dimaksudkan untuk tambahan topping di atas sushi. Hal ini pula yang kerap kali menjadi kesalahan pengunjung dalam menikmati sajian sushi.

Sebenarnya, kata Edwards, fungsi acar jahe tersebut untuk membersihkan langit-langit mulut Anda ketika akan menikmati sajian sushi jenis lain, sehingga cita rasanya tak bercampur satu sama lain.

"Setelah makan sepotong sushi dengan tuna, misalnya, Anda ingin makan sushi dengan salmon. Nah, acar jahe ini bisa Anda gunakan untuk mentralisir mulut Anda sehingga cita rasa setiap sushi akan lebih maksimal," imbuh dia.

3. Makan ramen dengan sopan

Shane Zhao, kepala koki di Restoran Issho, London, mengingatkan Anda tak perlu terlalu sopan ketika mencicipi mie ramen. Lakukan saja jika Anda ingin meniup kuah ramen yang begitu panas agar aman saat mendarat di lidah. Menurut dia, itu justru hal yang sopan dan bisa membantu Anda menikmati cita rasa ramen dengan maksimal.

"Saat makan ramen, Anda boleh meniup kuahnya yang panas. Ini dibenarkan sekaligus untuk menunjukkan rasa hormat kepada koki, dan juga membantu mendinginkan ramen sehingga tidak membakar mulut Anda," ujarnya.

4. Menuangkan air mendidih dalam bubuk teh hijau

James Shillcock, pendiri Vivid Matcha Green Tea di Kyushu, Jepang mengingatkan agar Anda tidak menuangkan air mendidih pada teh hijau karena dapat menciptakan rasa pahit. Sebaliknya, dia meminta Anda menuangkan terlebih dahulu air mendidih dalam gelas, biarkan hingga suhunya sedikit menurun, lalu masukkan bubuk teh hijau.

5. Mencampur wasabi dan kecap

Satu hal yang kerap dilakukan masyarakat saat menikmati sushi di restoran adalah, mencampurkan wasabi dengan kecap lalu merendam sushi ke dalamnya. Nobu Shoreditch, koki di Harajuku Kitchen, Inggris mengatakan, kebiasaan ini dapat menurunkan cita rasa sushi yang Anda konsumsi.

6. Makan sup miso dengan sendok

Nobu juga mengingatkan Anda untuk tak perlu menggunakan sendok saat menikmati semangkuk sup miso. Menurut dia, sup satu ini cenderung lebih banyak kuah dibandingkan topping yang dipakai. Itu sebabnya Anda dapat langsung meneguknya dari mangkuk sup untuk menikmatinya. (Independent)

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS