Yang Harus Anda Ketahui Jika Ingin Lakukan Perawatan Gigi Kelinci

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Yang Harus Anda Ketahui Jika Ingin Lakukan Perawatan Gigi Kelinci
Gigi kelinci adalah perawatan gigi yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini. [Shutterstock]

Ingin lakukan perawatan gigi kelinci agar terlihat imut dan menggemaskan?

Suara.com - Tren gigi kelinci menjadi fenomena dalam perawatan gigi akhir-akhir ini. Beberapa artis pun banyak yang memodifikasi giginya agar menyerupai gigi kelinci karena dinilai lucu dan imut.

Dalam dunia medis, untuk mendapatkan tampilan dua gigi kelinci dengan gigi tengah atas depan yang lebih memanjang daripada gigi tetangganya, bisa dilakukan melalui pemasangan jacket crown (mahkota gigi tiruan), atau pada kasus tertentu dengan veneer.

Disampaikan drg Donna Pratiwi, Sp.Prosto, Master Veneer Indonesia, secara umum, selain memperbaiki estetika penampilan gigi, seperti pada gigi yang berubah warna, perawatan mahkota gigi tiruan juga dapat berfungsi memperbaiki ukuran, bentuk atau posisi gigi yang tidak normal.

"Misalnya pada gigi yang terlalu kecil dari yang seharusnya, terlalu maju atau tonggos. Pada gigi yang tidak sama ukurannya kanan dan kiri. Posisi-posisi gigi miring atau terlalu tinggi sehingga mengganggu fungsi pengunyahan. Nah yang cukup popular akhir-akhir ini adalah membentuk gigi kelinci," ujar dosen di FKG Universitas Prof Dr Moestopo Jakarta ini.

Ia menambahkan ada tiga material yang digunakan untuk pembuatan jacket crown antara lain logam, porselen dan zirconium. Bahan logam jacket crown biasanya menggunakan logam campuran atau alloy. Sifatnya sangat kuat dan tahan lama, namun tentunya penampilannya kurang baik.

"Dari segi biaya, juga relatif paling murah dibanding porselen dan zirconium. Bagi yang mengutamakan penampilan, pilihan material pasti jatuh pada bahan porselen dan zirconium. Bahan porselen memiliki estetika yang sangat baik, namun sifatnya agak rapuh sehingga kurang kuat terhadap beban kunyah," ujar dokter gigi yang juga praktik di Klinik Meridien ini.

Sebaliknya bahan zirconium, kata drg Donna memiliki kekuatan maksimal yang bahkan melebihi email gigi manusia, sehingga dapat diletakkan di mana saja di dalam rongga mulut kita. Dari segi estetika pun sangat baik karena memiliki warna yang menyerupai gigi asli.

Kelebihan lainnya dari aplikasi pemasangan jacket crown adalah sifat permanennya. Bahannya yang kuat dan tahan lama, pemakaiannya yang nyaman karena tidak mengganggu pengucapan atau gerak lidah, membuatnya terasa sperti gigi asli. Belum lagi penampilan estetikanya yang sangat maksimal menyerupai gigi asli.

"Prosedur pembuatannya relatif mudah dan relatif tidak menimbulkan rasa sakit. Namun tidak semua kasus gigi dengan estetika kurang baik dapat diatasi dengan pemasangan jacket crown. Dalam hal ini tetap perlu pertimbangan yang matang sesuai pengetahuan dan kompetensi dokter gigi yang menangani," tandas dia.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan gigi kelinci.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS