Rekomendasi 5 Kuliner Khas Singapura yang Wajib Dicicipi

Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Rekomendasi 5 Kuliner Khas Singapura yang Wajib Dicicipi
Nasi ayam hainan, salah satu kuliner khas Singpura yang wajib dicicipi. (Instagram/pku_nyamnyam)

Lima kuliner khas Singapura apa saja yang wajib dicicipi? Yuk, cari tahu di sini!

Suara.com - Meski Singapura terkenal dengan aneka jajanan yang nikmat, seperti roti es krim, tapi ternyata Negeri Singa ini memiliki rekomendasi kuliner khas yang mengenyangkan perut.

Bagi Anda yang senang menikmati makanan dengan porsi besar dan mengenyangkan perut, tak perlu khawatir, beberapa makanan utama khas Singapura juga tak kalah lezat.

Merangkum dari handbook Panduan Lengkap Singapura, berikut 5 kuliner khas Singapura yang paling mengenyangkan dan wajib kamu coba.

1. Nasi ayam hainanese

Nasi ayam hainan. (Instagram/pku_nyamnyam)
Nasi ayam hainan, salah satu kuliner khas Singapura, yang enak rasanya. (Instagram/pku_nyamnyam)

Makanan lezat yang satu ini merupakan salah satu kuliner unggulan Singapura. Nasi ayam hainanese diadaptasi dari resep ayam Wenchang di Pulai Hainan dan dibawa ke Singapura oleh imigran Cina.

Terhidang dalam bentuk ayam kukus atau panggang dengan nasi yang direndam dalam kaldu ayam, nasi ayam Singapura akan lebih sedap jika dinikmati dengan sambal dan saus bawang putih spesial.

2. Mie Hokkien

Mie Ramen [shutterstock]
Ilustrasi Mie Hokkien, juga merupakan salah satu kuliner khas Singapura.  [shutterstock]

Cara menghidangkan makanan favorit orang Singapura ini cukup mudah. Makanan ini berasal dari Provinsi Fujian di Cina, terbuat dari mie kuning dan putih yang digoreng dengan cumi dan udang. Paling enak dinikmati dengan sambal gurih dan jeruk nipis.

3. Kari kepala ikan

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Singapura yang Wajib Dicicipi - 3
Ilustrasi Kari Kepala Ikan, kuliner khas Singpura yang banyak penggemarnya.

Kari dengan perpaduan rasa asam dan pedas ini telah mengalami perubahan rasa karena disesuaikan dengan selera lidah masyarakat Singapura. Nikmati empuknya daging ikan yang tersembunyi di sela-sela bagian kepala dengan sentuhan rasa kari.

3. Sate

Lezat, 6 Sate Khas Indonesia Bikin Ngiler (shutterstock)
Ilustrasi sate juga merupakan kuliner khas Singapura. (shutterstock)

Sate merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Singapura. Saat berkunjung ke Singapura jangan lupa mampir ke Satay Street untuk menikmati sate yang disajikan dengan irisan mentimun dan bawang putih, bersama ketupat. Sate biasanya dibuat menggunakan bahan baku utama yaitu danging ayam, kambing, atau sapi.

4. Prata

Ilustrasi Roti Prata/Canai (Instagram/izzadkhairul)
Ilustrasi kuliner khas Singapura, Roti Prata atau Canai. (Instagram/izzadkhairul)

Prata adalah roti gepeng khas India Selatan yang dicelupkan ke dalam kari. Kuliner yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat Singapura dari semua kalangan.

Roti ini dibuat dengan cara dimasak di atas sebuah kompor panas oleh seorang koki yang sangat terampil membolak-balik prata hingga masak. Prata bisa dicampur dengan keju, bawang, bawang, atau kudapan manis seperti cokelat dan madu.

Itulah 5 kuliner khas Singapura yang wajib dicicipi saat mengunjungi Singapura, ada rasa khas yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. 

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS