Studi Ini Pecahkan Mitos Wajah Pasangan yang Mirip Pertanda Jodoh

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Studi Ini Pecahkan Mitos Wajah Pasangan yang Mirip Pertanda Jodoh
Ilustrasi studi ini pecahkan mitos wajah pasangan yang mirip pertanda jodoh.(Shutterstock)

Benarkah wajah pasangan yang mirip pertanda jodoh, mitos atau fakta?

Suara.com - Studi Ini Pecahkan Mitos Wajah Pasangan yang Mirip Pertanda Jodoh.

Pernahkah Anda merasa heran saat melihat pasangan memiliki wajah yang mirip? Pasalnya hal tersebut cukup sering dijumpai di sekitar kita.

Ternyata ada penjelasan ilmiah untuk itu semua lho.

Kembali pada tahun 1987, peneliti dari University of Michigan mempelajari fenomena pasangan menikah yang makin hari terlihat makin mirip.

Peneliti pun mengeluarkan teori bahwa emosi yang dibangun sejak lama, secara bersamaan dapat menghasilkan kemiripan pada wajah pasangan.

Tapi bagaimana mungkin bisa begitu banyak pasangan terlihat sangat tampak serupa?

Psikolog sosial yang berpusat di Indianapolis, Justin Lehmiller, mengatakan, orang secara alamiah lebih condong ke orang yang akrab meski seluruh proses kemiripan pola pikir terjadi di alam bawah sadar.

Proses tersebut meluas ke penampilan fisik. "Anda terbiasa dengan penampilan Anda sendiri, jadi melihat orang lain yang memiliki sifat yang sama secara fisik membuat Anda tertarik," katanya.

Lewat studi pada 2013 tersebut juga dijelaskan alasan mengapa banyak pasangan terlihat mirip karena ketertarikan terhadap hal yang sama.

Penelitian 2018 yang mengamati orang-orang biracial. Dikatakan, orang cenderung tertarik dan pada sosok yang menyerupai orang tua mereka, apa pun jenis kelaminnya.

"Preferensi orangtua itu mungkin di alam bawah sadar, tetapi itu tidak masalah," kata Lehmiller dilansir Time.

Ben Domingue, seorang asisten profesor di Stanford Graduate School of Education yang telah mempelajari kesamaan genetik antara pasangan, mengatakan orang-orang dengan genetis hampir serupa cenderung saling menemukan kecocokan satu sama lain.

"Kesamaan cara pikir dan kesukaan yang sama menyebabkan orang berada di lingkungan yang sama dan hanya berhubungan dengan hal-hal lain yang menyebabkannya berada di lingkungan yang sama pula. Begitu Anda berada di lingkungan itu, di situ Anda menemukan pasangan," tambahnya.

Jadi bukan hal yang mengejutkan jika banyak pasangan yang terlihat mirip secara fisik dan penampilan. Karena mitos pertanda jodoh dipecahkan oleh studi. Karena faktanya hal tersebut muncul karena ketertarikan terhadap satu sama lain yang memiliki banyak kesamaan. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS