Keren Banget, Adidas Akan Bikin Sepatu dari Limbah Daur Ulang Plastik

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Keren Banget, Adidas Akan Bikin Sepatu dari Limbah Daur Ulang Plastik
Adidas akan buat sepatu dari daur ulang plastik. (Dok Twitter/@adidasIndonesia)

Kampanye peduli lingkungan, Adidas akan buat sepatu lari dari limbah daur ulang plastik.

Suara.com - Keren Banget, Adidas Akan Bikin Sepatu dari Limbah Daur Ulang Plastik

Merek pakaian olahraga Adidas baru saja mengumumkan akan menciptakan koleksi sepatu lari pertama yang sepenuhnya terbuat dari limbah daur ulang plastik.

Koleksi yang dinamakan Futurecraft.Loop adalah inovasi terbaru Adidas yang berkolaborasi dengan organisasi lingkungan Parley for the Oceans.

Sepatu ini dibuat hanya dari satu bahan, yakni poliuretan termoplastik, yang kemudian ditempel dengan lem. Tujuan dibuatnya sepatu ini adalah untuk mendorong semangat daur ulang dan bahan-bahan yang dapat digunakan kembali, dan mengampanyekan bahwa bahan-bahan tersebut dapat menciptakan sepasang sepatu olahraga baru.

"Meminimalkan sampah plastik dari sistem adalah langkah pertama kami, tetapi kami tidak bisa berhenti di situ," kata Eric Liedtke, anggota dewan eksekutif di Adidas, dilansir Independent.

"Apa yang terjadi pada sepatu Anda setelah mereka usang? Anda akan membuangnya. Hanya ada tempat pembuangan dan pembakaran sampah, dan pada akhirnya membuat atmosfer semakin 'tercekik' karena kelebihan karbon, atau lautan dipenuhi dengan sampah plastik," tambah dia lagi.

Adidas Futurecraft.Loop dibuat dari bahan daur ulang plastik. (Dok. Adidas.com)
Adidas Futurecraft.Loop dibuat dari bahan daur ulang plastik. (Dok. Adidas.com)

Liedtke mengatakan perusahaannya ingin mengakhiri konsep pemborosan seperti itu. Impian Adidas kata dia, adalah Anda dapat terus memakai sepatu yang sama berulang-ulang.

Tanyaradzwa Sahanga, manajer dalam inovasi teknologi di Adidas, menguraikan bagaimana merek tersebut mulai menciptakan jenis produk baru bagi pelanggannya.

"Kami tahu ini adalah visi yang luas dalam segala hal, secara teknis dan bahkan perilaku! Ada saat-saat ketika sepertinya kita tidak bisa mengatasi beberapa kendala teknis. Sekarang kita telah membuat lompatan pertama, lapangan bermain telah berubah," ungkapnya.

Pada 2015, Adidas dan Parley memproduksi alat peraga dengan lapisan atas yang terbuat dari limbah plastik laut daur ulang.

Tahun ini, merek pakaian olahraga tersebut berencana untuk memproduksi 11 juta pasang sepatu dari bahan plastik yang mereka dapatkan di wilayah pesisir.

Sepatu Futurecraft.Loop pertama kali akan dirilis oleh adidas kepada 200 pencipta terkemuka dari seluruh kota besar dunia, yang akan memberi Adidas sebuah umpan balik mengenai alas kaki mereka.

Kemudian, sepatu tersebut akan tersedia di pasaran saat musim semi/musim panas pada tahun 2021.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS