4 Wisata Ramah Lingkungan yang Wajib Dicoba di Selandia Baru

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
4 Wisata Ramah Lingkungan yang Wajib Dicoba di Selandia Baru
Wisata Ramah Lingkungan di Selandia Baru [press release]

Berikut wisata ramah lingkungan yang wajib dicoba di Selandia Baru

Suara.com - 4 Wisata Ramah Lingkungan yang Wajib Dicoba di Selandia Baru

Dalam rangka memeringati hari bumi pada 22 April, maka penting meningkatkan kesadaran ramah lingkungan dalam berwisata.  

Sebagai salah satu destinasi wisata populer, Selandia Baru secara khusus berusaha melindungi, memulihkan, serta meningkatkan lingkungan alam dan keanekaragaman hayati yang dimiliki.

Selain itu mereka juga mendorong para pengunjung untuk meminimalkan tourism footprints dengan menyediakan pilihan akomodasi, makanan, dan aktivitas yang ramah lingkungan. 

Merangkum dari Tourism New Zealand, inilah wisata ramah lingkungan yang wajib dicoba di Selandia Baru.

Bergabung menjadi pelindung Selandia Baru

Wisata Ramah Lingkungan di Selandia Baru [press release]
Wisata Ramah Lingkungan di Selandia Baru [press release]

Sebagai upaya untuk menjaga lingkungan, pengunjung diajak untuk terlibat dalam “Tiaki Promise” atau “Janji Tiaki”, sebuah inisiatif yang diperkenalkan oleh industri pariwisata Selandia Baru yang secara aktif mendorong semua pengunjung untuk menikmati wisata dengan cara-cara yang dapat melindungi alam, menghormati semua budaya, dan melestarikan negara tersebut untuk generasi masa depan.

Pengunjung akan mendapat informasi tentang perilaku yang diharapkan sebelum mereka tiba dan ketika bepergian ke seluruh penjuru negeri, mulai dari membuang sampah pada tempatnya, mengemudi dengan aman, dan menunjukkan perhatian dan kepedulian pada sesama. Pengunjung dapat menunjukkan dukungan mereka di media sosial dengan menggunakan tagar #tiakipromise.

“Janji Tiaki” memiliki fondasi yang kuat dan bermakna dalam budaya dan tradisi suku asli Mori. Suku Mori percaya bahwa semua hal saling berhubungan; manusia dan bumi adalah satu kesatuan. Mereka percaya bahwa jika kita menjaga bumi, maka bumi juga akan menjaga kita. Walaupun diperkenalkan oleh tradisi Mori, konsep ini telah menjadi sebuah bagian dari budaya kolektif Selandia Baru sebagai sebuah bangsa dan disebut sebagai “kaitiakitanga”.


Menginap di akomodasi ramah lingkungan

Wisata Ramah Lingkungan di Selandia Baru [press release]
Wisata Ramah Lingkungan di Selandia Baru [press release]

Berlokasi dekat kaki pegunungan Richardson dan gunung Humboldt, Camp Glenorchy adalah sebuah akomodasi yang menggunakan energiramah lingkungan (Net Zero) pertama di Selandia Baru yang dibangun dengan standarkeberlanjutan kelas dunia.  Akomodasi bangunan ramah energi ini juga memiliki sistem pencahayaan efektf, toilet kompos, dan dilengkapi dengan taman surya di seluruh deretan kabin, penginapan sederhana, dan lokasi campervan nya.

Untuk pilihan yang lebih mewah namun tetap ramah lingkungan, Anda dapat menginap di Manawa Ridge Luxury Eco Retreat. Dibangun dari balok daur ulang, batu bata lumpur, dan dinding jerami, Anda bisa menikmati akomodasi bernuansa artistik dan mewah. Berlokasi di puncak bukit area Coromandel New Zealand, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan 360 derajat ke arah Pantai Waihi, Samudra Pasifik, dan Pantai Coromandel langsung dari setiap kamar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS