Daging Kambing Kesukaan Nabi Muhammad SAW, Kenali Manfaatnya

Dany Garjito
Daging Kambing Kesukaan Nabi Muhammad SAW, Kenali Manfaatnya

Ini bagian yang paling disukai Rasulullah.

Suara.com - Nabi Muhammad SAW menyukai masakan olahan daging kambing.

Kesukaan Rasulullah terhadap daging kambing ini pun diriwayatkan Abu Hurairah ra:

"Kami pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah undangan. Kemudian dibawakanlah paha kambing dan Beliau menyukainya. Kemudian Beliau menggigitnya satu gigitan," (HR. Bukhari 3340 dan Muslim 501).

Lebih lanjut diriwayatkan bahwa, Nabi Muhammad SAW menyukai paha kambing.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah masak dan mudah dicerna, di samping lebih lezat dan lebih steril dari risiko penyakit," (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65).

Mengonsumsi daging kambing dalam porsi yang tepat bisa mendatangkan manfaat.

Dilansir dari Indiantimes, berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi daging kambing!

1. Terhindar dari risiko kolesterol 
Mengonsumsi daging kambing dapat menghindarkan Anda dari risiko kolesterol. Pasalnya kandungan lemak tak jenuh didalamnya yang lebih tinggi dibanding lemak jenuh. Selain itu daging kambing juga dapat meredakan peradangan dan menstabilkan ritme jantung serta menurunkan risiko jantung koroner dan asterosklerosis.

2. Mencegah kanker
Tahukah Anda bahwa daging kambing merupakan sumber asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang bisa membantu mencegah kanker dan sederet peradangan lainnya. Selain itu kandungan selenium dan kolin di dalamnya juga berperan dalam menangkal kanker.

3. Menurunkan berat badan
Daging kambing mengandung banyak vitamin B yang dapat membantu tubuh membakar lemak. Selain itu daging kambing juga mengandung protein dalam jumlah yang tinggi tanpa lemak dan lemak jenuh rendah sehingga dapat membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

4. Mencegah anemia bagi wanita hamil
Mengonsumsi daging kambing saat hamil bisa mencegah anemia yang rentan dialami bumil. Pasalnya kandungan zat besi yang tinggi pada daging kambing dapat menyuplai darah dari ibu ke bayi dan meningkatkan kadar hemoglobin. Selain itu mengonsumsi daging kambing juga bisa mengurangi risiko bayi lahir cacat.

5. Bagi wanita bisa mengurangi nyeri haid saat menstruasi
Daging kambing dapat mengurangi rasa nyeri selama menstruasi. Bahkan konsumsi daging kambing saat menstruasi dapat membantu menjaga kesehatan kulit selama menstruasi.

6. Membantu memperkuat tulang dan gigi
Daging kambing kaya akan kalsium yang dapat membantu menguatkan tulang dan gigi. Bahkan daging kambing juga dapat meningkatkan produksi sel-sel baru yang membantu melawan penuaan dini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS