Fadli Zon Lihat Penjara Ahmad Dhani di Cipinang Sangat Mengenaskan

Pebriansyah Ariefana | Walda Marison
Fadli Zon Lihat Penjara Ahmad Dhani di Cipinang Sangat Mengenaskan
Ahmad Dhani saat jalani sidang eksepsi di Surabaya, Selasa (12/2/2019) (suara.com/ Achmad Ali)

Fadli Zon mengatakan penjara yang ditempati Ahmad Dhani sudah kelebihan kapasitas tahanan.

Suara.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon melihat keadaan penjara Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta Timur sangat mengenaskan. Penjara Ahmad Dhani dan semua narapidana di Rutan Cipinang dinilai sudah harus diperbaiki.

Fadli Zon mengatakan penjara yang ditempati Ahmad Dhani sudah kelebihan kapasitas tahanan. Bahkan jumlah penghui sudah 3 kali lipat dari kapasitas yang tersedia. Hal itu dikatakan Fadli Zon saat ditemui di kantor Koppasandi Jalan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Selasa (19/2/2019).

"Ya kalau saya lihat Lapas kita, Rutan kita sangat tidak layak, banyak yang over capasity dan bukan 100 persen lagi, tapi bisa 300 persen," ujarnya.

Di Rutan Cipinang saja, Fadli Zon mengatakan banyak tahanan yang tidak dapat tempat untuk sekedar beristirahat di dalam tahanan. Kondisi seperti ini menurutnya dapat menurunkan citra Indonesia jika hal ini diketahui mata dunia.

"Seperti Rutan Cipinang, harus yang 1000 orang jadi 4000 orang. Ini menurut saya tidak manusiawi. kalau ini sempat dilihat oleh dunia internasional saya kira kita benar - benar negara yang tidak berprikemanusiaan," katanya.

Tidak hanya fasilitas yang minim, Fadli Zon juga menyoroti tren peredaran narkoba di lapas. Menurutnya pihak terkait dalam hal ini Ditjen Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM harus menindak tegas peredaran narkoba di dalam lapas.

"Tentu harus ada tindakan dari kepala Lapas, kepala Rutan, Kementerian Hukum dan HAM dan kepolisian. Jangaan sampai di Rutan atau Lapas jadi save heaven bagi para pengedar narkoba," terangnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS