Punya Pasar Ikan Modern, Permintaan Jokowi Dikabulkan Menteri Susi

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Punya Pasar Ikan Modern, Permintaan Jokowi Dikabulkan Menteri Susi
Presiden Joko Widodo meresmikan Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Jakarta Utara. (Suara.com/Umay Saleh)

"Dulu persepsinya banyak orang bilang yang namanya pasar ikan pasti kotor, becek, bau, tidak nyaman."

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Pasar Ikan Modern merupakan instruksinya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sejak Juli 2016 silam. Dalam instruksi tersebut, Jokowi meminta agar ada Pasar Ikan Modern yang bersih seperti yang ada di Tsukiji, Tokyo yang dibangun di Indonesia.

"Juli 2016, berarti kurang lebih 2,5 tahun lalu saya perintahkan Bu Susi. Bu, apakah tidak bisa kita ini bangun Pasar Ikan Modern yang bersih sebersih pasar yang kita lihat di Tokyo yakni Tsukiji? Jawaban bu menteri bisa. Ya cepat kerjakan. Bangun! nggak tahu tempatnya di mana," ujar Jokowi saat meresmikan Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019).

Jokowi menuturkan, keinginannya agar ada Pasar Ikan Modern baru terwujud saat ini.

"Saya tunggu enggak jadi-jadi. Ini jadi enggak sih, ternyata alhamdulillah sore ini, malam ini kita telah memiliki Pasar Ikan Modern (PIM) di Muara Baru, Jakarta,"

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku bangga bisa menghadiri peresmian Pasar Ikan Modern. Dengan adanya Pasar Ikan Modern, ia mengatakan pemerintah pusat berhasil membalikkan persepsi Pasar Ikan yang bau, becek dan kotor.

"Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsinya banyak orang, yang namanya pasar ikan pasti kotor, becek, bau, tidak nyaman," kata dia .

"Saya nggak tahu berapa kali malam hari hadir di sini. Ya tadi. Kotor, becek, bau. Tapi ini saya belum masuk. PIM Muara Baru ini persepsi kalau dari luar, kelihatannya bersih nyaman dan tidak kalah dengan tempat belanja di Mall, dari luar," sambungnya.

Dalam kesempatan ini Jokowi juga meminta pada semua pihak terutama para pedagang ikan untuk tetap menjaga kualitas ikan yang dijual. Ia juga berharap semua pihak tetap dan menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan.

"Saya minta agar penggunaan bangunan yang sudah modern disertai pola kerja baru dan kebiasaan baru. Kualitas ikan dijaga agar tetap segar. Mari dijaga kebersihan keamanan dan kenyamanan," kata Jokowi.

Menteri Susi ajak masyarakat makan ikan Lemuru [Instagram @susipudjiastuti]
Menteri Susi ajak masyarakat makan ikan Lemuru [Instagram @susipudjiastuti]

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) sebagai pihak pengelola untuk terus mengawasi kualitas sebagai wilayah perdagangan.

Pasar Ikan Modern, kata Susi, terdiri dari 894 kios basah dan 155 kios kering (dry market).

"Dimana sekarang ini Pasar Muara baru terjadi perdagangan dalam semalam kurang lebih 500 ton dan dilakukan 894 lapak ikan basah. 115 kios kering dan 8 kios foodcourt," ucap Susi.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat atas dibangunnya Pasar Ikan Modern

"Setahun lalu ground breaking oleh Menteri Susi dan tahun ini Presiden meresmikan hadiah besar untuk warga Jakarta. Izinkan kami atas nama Pemprov dan Masy Ibukota sampaikan terimakasih dan apresiasi," kata Anies.

Untuk diketahui, Pasar Ikan Modern merupakan proyek Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp 150 miliar.

Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid. Adapun PIM beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS