Jajal MRT Bersama Menteri, Jokowi: Ini Adalah Peradaban Baru

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Jajal MRT Bersama Menteri, Jokowi: Ini Adalah Peradaban Baru
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. (Suara.com/Umay Saleh)

Jokowi berharap seluruh masyarakat bisa menggunakan MRT Jakarta setiap berpergian.

Suara.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjajal Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase satu rute Bundaran Hotel Indonesia - Lebak Bulus, Selasa (19/3/2019).

Jokowi merasakan uji coba MRT dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia - menuju Stasiun MRT Lebak Bulus, dan kembali lagi dari Stasiun Lebak Bulus menuju Bundaran HI.

Jokowi menuturkan,  kalau dalam uji coba MRT ada hal-hal yang harus dieveluasi dan diperbaiki maka, akan jadi masukan untuk PT MRT Jakarta.

"Yang pertama ini uji coba ya. Uji coba itu nanti ada hal-hal yang memang perlu di koreksi ya kan dievaluasi dan diperbaiki," ujar Jokowi saat berada dalam kereta menuju Stasiun MRT Bundaran HI.

Menurut Jokowi, kehadiran MRT Jakarta merupakan sebuah budaya baru atau peradaban baru. Adapun membangun peradaban perubahan baru diantaranya budaya antre.

"Tapi yang paling penting menurut saya ini adalah peradaban baru. Membangun peradaban perubahan baru, bagaimana mengantre, bagaimana masuk ke MRT dan tidak terlambat sehingga tidak kejepit di pintu," kata Jokowi.

Lebih jauh Jokowi mengatakan, peradaban baru tersebut yang harus terus disosialisasikan kepada masyarakat.

"Ini budaya baru, ini peradaban baru inilah yang akan terus dikenalkan, disosialisasikan sehingga masyarakat betul-betul tahu betul bagaimana MRT itu bergerak dari satu stasiun ke stasiun yang lain dari titik satu ke titik yang lain," tutur dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan, uji coba MRT yang dilakukan pemerintah sekaligus untuk mengenalkan moda transportasi baru di Ibu Kota kepada masyarakat.

"Ya ini, ini kan sudah mulai dikenalkan, uji coba saya kira memang seperti itu," kata Jokowi.

Melihat antusiasme masyarakat terkait uji coba MRT, Jokowi mengaku senang. Ia berharap seluruh masyarakat bisa menggunakan MRT Jakarta setiap berpergian.

"Kita senang bahwa MRT ini disambut begitu sangat antusias. Dan Kita harapkan ke depan penggunaannya semuanya masuk ke sini. Orang menggunakan ini semuanya," kata dia.

Saat merasakan uji coba MRT, Jokowi didampingi sejumlah pejabat, diantarannya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani, dan Ketua DPRD Prasetio Edy Marsui.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS