Poso Diguncang Gempa 5,7 SR, Puluhan Rumah dan Tempat Ibadah Rusak Berat

Iwan Supriyatna
Poso Diguncang Gempa 5,7 SR, Puluhan Rumah dan Tempat Ibadah Rusak Berat
Ilustrasi rumah warga yang rusak karena diguncang gempa. (Foto: ANTARA/Humas Solok Selatan)

Gempa bumi berkekuatan 5,7 SR mengguncang Poso, Provinsi Sulawesi Tengah pada Minggu (24/3/2019).

Suara.com - Gempa bumi berkekuatan 5,7 SR mengguncang Poso, Provinsi Sulawesi Tengah pada Minggu (24/3/2019). Akibat dari gempa tersebut, puluhan rumah warga dan sejumlah rumah ibadah di beberapa desa di Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah mengalami kerusakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Poso, Bastian Mentiri menuturkan, rumah warga maupun rumah ibadah yang rusak diguncang gempa rata-rata bangunannya menggunakan bahan bangunan berupa batako.

"Saya pagi ini akan turun ke lokasi gempa untuk melihat seberapa besar dampak yang ditimbulkan," kata Bastian.

Hingga saat ini, masyarakat korban gempa masih mendirikan tenda darurat di sekitar rumah mereka yang rubuh karena diguncang gempa.

"Mereka hanya membangun tenda darurat saja karena khawatir dan trauma dengan gempa yang terjadi pada saat banyak masyarakat sedang melaksanakan ibadah, terutama umat kristiani," katanya.

Meski gempa merobohkan banyak rumah dan tempat ibadah, namun pihaknya mengklaim tak ada korban dalam peristiwa bencana alam tersebut.

Bastian juga menambahkan, gempa skala kecil juga terjadi di wilayah itu pada pagi ini Senin (25/3/2019) sempat membuat warga sedikit panik karena merasa trauma dengan gempa bumi yang sebelumnya memporak-porandakan Kota Palu, Sigi dan Donggala 28 September 2018.

"Gempa di Palu membuat warga yang ada di daerah lain di Sulteng, termasuk di Poso masih merasakan trauma, sebab menimbulkan korban jiwa yang mencapai ribuan jiwa dan memporak-porandakan perekonomian masyarakat di Kota Palu, Sigi dan Donggala," ujarnya. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS