alexametrics
Liputan Khas

KHAS adalah sajian beragam artikel dengan topik-topik menarik hasil liputan khusus/khas dari tim redaksi Suara.com.

Membongkar Mitos, Mereka Ingin Ganja Dilegalkan di Indonesia

Reza Gunadha | Erick Tanjung
Membongkar Mitos, Mereka Ingin Ganja Dilegalkan di Indonesia
[Suara.com/Emi Rohimah]

"Anak ini duduk di kursi roda sudah 14 tahun. Tiga hari pertama setelah memakai ekstrak ganja, tiba-tiba dia bisa menggerakkan jari, katanya.

Suara.com - Tidak ada ciptaan Tuhan yang tak berguna, termasuk ganja, begitulah keyakinan mereka. Jalan yang diretas tidaklah mudah. Meski dianggap khayalan pemabuk hingga pengkhianat negara, mereka bertekad berjuang sampai ganja dilegalkan di Indonesia.

PETER Dantovski sempat berpikir dunianya sudah benar-benar berakhir pada tahun 1995, ketika ia terlibat kecelakaan yang menyebabkan tangan kanannya lumpuh.

Menurut dokter, tangan kanannya lumpuh akibat nyeri neopati kronis atau kerusakan pada syaraf. Setiap saat, ia terpaksa harus menahan rasa sakit yang teramat sangat.

Hingga suatu ketika, Danto yang setengah putus asa mencoba menggunakan ganja setelah membaca sejumlah literatur kuno mengenai manfaat daun tersebut untuk pengobatan syaraf.

Baca Juga: Studi: Legalisasi Ganja Kurangi Jumlah Remaja Pengguna Narkoba

”Dua hari setelah menggunakan ganja, rasa sakit akibat kecelakaan itu berkurang,” tuturnya kepada Suara.com, Senin (29/4/2019).

Namun, penggunaan ganja untuk pengobatannya itu berakibat fatal. Ia sempat ditangkap aparat kepolisian atas tuduhan kepemilikan ganja. Alhasil, Danto terpaksa mendekam di bilik penjara sampai 4 tahun lamanya.

Sekeluarnya dari penjara, Danto bertekad untuk berjuang melegalisasi ganja untuk kepentingan medis di Indonesia. Ia ingin, pengguna ganja untuk pengobatan ke depan tak lagi dihukum.

Danto bersama rekan-rekannya lantas membentuk organisasi untuk perjuangan itu. Kekinian, Danto menjabat sebagai Ketua Ketua Riset Budaya Ganja Nusatara - Yayasan Sativa Nusantara.

Melawan Farmasi Global

Baca Juga: Mereka Dorong Legalisasi Ganja Sebagai Pengobatan

Awan bergelayut di langit tanda siang itu cerah, ketika sejumlah orang asyik beraktivitas dalam sebuah rumah di kompleks perumahan kawasan Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Komentar