Trump Nyatakan Sanksi Baru Terhadap Iran Dimulai Senin Ini

Bangun Santoso
Trump Nyatakan Sanksi Baru Terhadap Iran Dimulai Senin Ini
Presiden Donald Trump memberikan pidato tentang Suriah di Gedung Putih, Rabu (13/4/2018) [AFP]

Dalam sepekan terakhir ketegangan antara AS dengan Iran meningkat usai serangan terhadap 2 tanker dan pesawat drone di Selat Hormuz

Suara.com - Presiden AS Donald Trump, Sabtu (22/6), mengatakan sanksi-sanksi "besar" baru terhadap Iran rencananya akan diberlakukan mulai Senin (24/6). Trump tidak memberikan rincian sanksi baru tersebut.

Dari tempat peristirahatan presiden di Camp David, Trump mengumumkan langkah itu lewat twitter, mengatakan, "Iran tidak boleh punya Senjata Nuklir," dan bahwa sanksi-sanksi akan segera dihapus apabila negara itu menjadi "negara yang produktif dan sejahtera lagi."

Dia berbicara kepada para wartawan di Gedung Putih sebelum berangkat ke Camp David. Dia mengatakan begitu Teheran setuju untuk melepaskan senjata nuklir, "Saya akan menjadi sahabat mereka."

Nada Trump melunak pada Sabtu (22/6) setelah ketegangan seminggu antara AS dan Iran.

Kekhawatiran akan kemungkinan konfrontasi bersenjata antara AS dan Iran telah meningkat sejak para pejabat AS baru-baru ini menyalahkan Teheran atas serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Selat Hormuz, tuduhan yang dibantah Teheran, serta penembakan kapal nirawak AS oleh Iran pekan ini.

Sumber: VOA

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS