Sudah Tutup, TIM akan Bangun Fasilitas Bioskop Baru

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih
Sudah Tutup, TIM akan Bangun Fasilitas Bioskop Baru
Pekerja memindahkan sejumlah barang di bioskop XXI Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Selasa (20/8). [Suara.com/Arya Manggala]

Bioskop baru di TIM itu nantinya tidak hanya menayangkan film box office dalam dan luar negeri saja, namun juga sebagai sarana edukasi

Suara.com - Bioskop XXI Taman Ismail Marzuki (TIM) ditutup sejak Senin (19/8/2019) lalu. Namun rencananya pihak TIM akan kembali membangun bioskop baru.

Project Director Taman Ismail Marzuki dari PT Jakpro, Lucky Ismayanti mengatakan penghentian operasi Bioskop karena kontrak dari pihak XXI sudah habis sejak 19 Agustus. Lantas karena ada rencana revitalisasi TIM, kontraknya tidak diperpanjang.

"XXI emang sudah habis (kontrak) 19 Agustus, jadi ada rencana perbaikan makanya tidak diperpanjang," ujar Lucky kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).

Pada gedung bioskop itu tidak hanya menyajikan layanan komersil yang menayangkan film box office dalam maupun luar negeri. Film pendek, kesenian, hingga pendidikan juga akan ditayangkan di gedung bioskop itu.

"Jadi nanti gedungnya bukan hanya pusat seni budaya, tapi fungsi pendidikan, jadi prioritas utama juga dalam revitalisasi," kata Lucky.

Pihaknya belum menentukan siapa pihak yang mengoperasikan layanan untuk bioskop komersil. Pasalnya, selain XXI, sudah banyak merek bioskop lain yang berkualitas di Indonesia.

"Cinema brand masih kita seleksi, intinya pusat teaternya digabung," ujar dia.

Jakpro disebut Lucky membagi proses revitalisasi TIM menjadi dua tahap. Pembangunan bioskop itu masuk ke perencanaan tahap dua bersama gedung lainnya.

"Tapi yang jelas gedung-gedung (bioskop) masuk tahap dua nantinya," kata Lucky.

Diberitakan sebelumnya, salah satu bioskop legendaris di Jakarta ada di Taman Ismail Marzuki atau TIM, Cikini, Jakarta Pusat. resmi tutup sejak Senin (19/8/2019).

Kepala Unit Pengelola TIM Imam Hadi Purnomo mengatakan, bioskop XXI di TIM tutup karena kontraknya sudah habis. XXI menyewa tempat di TIM.

“Bukan permanen tidak aktif, itu kontraknya sudah selesai,” kata Imam saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS