Liputan Khas

KHAS adalah sajian beragam artikel dengan topik-topik menarik hasil liputan khusus/khas dari tim redaksi Suara.com.

Terancam Hukuman Mati, Kejanggalan Peradilan Bagi Mispo Si Anak Papua

Reza Gunadha | Erick Tanjung
Terancam Hukuman Mati, Kejanggalan Peradilan Bagi Mispo Si Anak Papua
Ilustrasi [Suara.com/Aldie Syaf Bhuana]

Saya tidak pernah sekolah, tidak bisa baca dan tulis. Saya bukan OPM dan menyerang di Nduga. Saya hanya ingin kembali ke Papua, bertemu mama..."

Suara.com - Dia terpaksa meninggalkan Nduga, Papua, mengungsi karena perang. Tapi di pengungsian, justru ditangkap dan dibawa ke Jakarta. Dituduh membantai 17 pekerja PT Istaka Karya, terancam hukuman mati. Mispo sebenarnya masih anak-anak.

MISPO Gwijangge yang mengenakan rompi merah berlogo tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, hanya duduk terdiam di bangku barisan belakang Ruang Sarwata, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu 27 Februari 2020.

Sudah hampir empat jam Mispo berada di gedung peradilan yang jauh dari kampung halamannya. Sejak tiba pukul 12.00 WIB bersama sejumlah tahanan lainnya dari Rumah Tahanan Salemba, Mispo tak kunjung dipanggil masuk ke depan meja hijau.

Sore itu, Mispo bersama penerjemah dan kuasa hukum dari Tim Advokasi Papua terus menunggu kedatangan majelis hakim yang tak juga tampak batang hidungnya.

Mispo terus menunggu sembari duduk. Raut mukanya datar. Tak juga ia banyak berbicara, pun kepada kuasa hukum.

Sekitar pukul 16.00 WIB, barulah petugas memberikan perintah agar Mispo, penerjemah, serta kuasa hukum untuk masuk ke ruang persidangan.

Tak lama Mispo duduk di kursi pesakitan. Panitera melalui pelantang suara memberitahukan, persidangan dibatalkan.

“Persidangan dibatalkan, majelis hakim sudah pulang,” pernyataan pendek panitera yang membuat Mispo terbengong-bengong.

Mispo kecewa, karena sudah lama menunggu persidangan yang bakal menentukan nasibnya: terpenjara seumur hidup di Indonesia, hukuman mati, atau kembali sebagai orang bebas ke kampung halaman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS