Salah Satu Masjid di Tangerang Selatan Ini Tetap Salat Id

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Salah Satu Masjid di Tangerang Selatan Ini Tetap Salat Id
Jemaah salat Id di Masjid Al-Mukhlisin, Pondok Cabe Illir, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (24/5/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

Tetap gelar salat Id, masjid Tangsel ini didatangi jemaah lebih banyak dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu.

Suara.com - Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah mengimbau warganya untuk tetap berada di rumah selama berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, Masjid Al-Mukhlisin di Pondok Cabe Ilir, Pamulang, terpantau melaksanakan salat Id.

Dari pantauan Suara.com, jamaah salat Id di Masjid Al-Mukhlisin terlihat ramai. Di tengah pandemi 2019 Novel Coronavirus atau Covid-19, shaf salat bahkan mengular hingga memakan badan jalan sekitar 40 m.

Tetap menggelar salat Id, para jemaah terpantau tertib menggunakan masker wajah. Di sisi lain, terdapat petugas yang memeriksa suhu tubuh setiap jamaah sebelum memasuki masjid atau tempat yang telah disediakan.

Menurut Cile, salah seorang warga, jamaah salat Id di Masjid Al-Mukhlisin tahun ini justru terlihat lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu, kata dia, terlihat dari panjangnya shaf yang shalat di badan jalan.

"Kalau tahun lalu sih nggak sepanjang ini. Paling cuma sampai situ (menunjuk batas badan jalan)," kata Cile kepada Suara.com, Minggu (24/5/2020).

"Mungkin ini ada kaitannya sama larangan mudik. Orang-orang nggak pulang kampung, jadi di sini (salatnya)," tambahnya.

Petugas melakukan pengecekan suhu dengan thermal gun kepada jemaah sholat Ied di Masjid Al-Mukhlisin, Pondok Cabe Illir, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (24/5/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]
Petugas melakukan pengecekan suhu dengan thermal gun kepada jemaah sholat Ied di Masjid Al-Mukhlisin, Pondok Cabe Illir, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (24/5/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

Salat Id di Masjid Al-Mukhlisin berlangsung mulai pukul 06.30 WIB. Terpantau para jamaah cukup mematuhi kiat-kiat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti tidak saling bersalaman, kendati jarak sosial tak terlihat dipatuhi.

Sebelumnya, Wali Kota Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menegaskan bahwa pihaknya melarang seluruh kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, termasuk salat Id. Meski begitu, dirinya enggan mengungkapkan secara jelas apa sanksi dari pelanggaran PSBB Kota Tangerang Selatan yang dikatakan bakal berlangsung hingga akhir Mei 2020.

Catatan Redaksi:

Judul dari artikel ini telah mengalami perubahan, dan berikut dilampirkan surat hak jawab yang ditandatangani oleh Ketua DKM Masjid Al-Mukhlisin, Pondok Cabe Ilir, Pamulang.

Kepada Yang Terhormat, Pimpinan Redaksi Suara.com di Tempat

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Seiring dengan pemberitaan Suara.com dengan judul Langgar PSBB Masjid di Tangsel Ini Gelar Sholat Ied, Jamaah Mengular yang diganti dengan Masjid di Tangerang Selatan Ini Tetap Salat Id, dengan kami keberatan dengan pemberitaan tersebut dengan pertimbangan:

1.Pemberitaan tersebut terkesan menyudutkan Masjid Al-Mukhlishin, karena yang diberitakan adalah Masjid Tangerang Selatan, perlu diketahui jumlah masjid di Tangerang Selatan berdasarkan informasi Republika.co.id sebanyak 33 yang menggelar sholat Idul Fitri.

2.Perlu diketahui Masjid Al-Mukhlishin Pondok Cabe Ilir bukan satu-satunya masjid yang melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lingkungan Kami Saja tercatat yang melaksanakan sholat Idul Fitri antara lain, di Mushola At-Thoriqun Najah RT 06 RW 01 Pondok Cabe Ilir, Mushola Al-Inayah RT 06 RW 01 Pondok Cabe Ilir, Mushola Nurul Ihsan RT 06 yang menggelar Shalat Idul Fitri di PB Babe RT 06, Mushola Nurul Islam RT 02 RW 02 Pondok Cabe Ilir, Mushola Nurul Iman RT 03 RW 02 Pondok Cabe Ilir, Majelis Taklim Al-Istiqamah RT 06 RW 01 Pondok Cabe Ilir, Mushola Kavling RT 06 dan Masjid Nurul Huda Pondok Cabe Ilir.

3.Perlu diketahui bahwa Masjid Al-Mukhlishin mengadakan sholat Idul Fitri atas persetujuan tokoh-tokoh masyarakat yang ditandatangani oleh 80 tokoh masyarakat.

Oleh karena itu kami menuntut berita tersebut untuk dicabut dan kami menuntut permohonan maaf, karena berita tersebut mengandung unsur provokatif dan pembohongan publik.

Demikianlah keberatan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hormat Kami
Ketua DKM Masjid Al-Mukhlisin,

(Drs. KH. MUHAMAD ALI, HM)

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS