facebook

Apa Itu Gabut? Bahasa Gaul yang Punya Konotasi Negatif

Rifan Aditya
Apa Itu Gabut? Bahasa Gaul yang Punya Konotasi Negatif
Ilustrasi bermalas-malasan di kantor, gabut, apa itu gabut, bahasa gaul kependekan dari gaji buta [shutterstock]

Apa itu gabut? Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut pengertian gabut.

Suara.com - Dalam bahasa gaul Anda pasti sering mendengar seseorang menggunakan kata 'gabut' dalam percakapan. Bahkan, istilah tersebut sudah menjadi bagian dari bahasa sehari-hari dan tak asing lagi didengarkan. Tapi, apa itu gabut? Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut pengertian gabut. 

Apa Itu Gabut? 

Gabut adalah kependekan dari gaji buta yakni seseorang yang bekerja tapi tidak melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pekerja namun tetap menerima gaji utuh sebagai seorang pegawai. 

Meski demikian, gabut juga memiliki arti lain yang artinya 'enggak ada butuh' atau seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung akan mengerjakan kegiatan apa sehari-hari karena merasa tidak memiliki kewajiban melakukan sesuatu di hari itu. 

Baca Juga: Tips Jitu Penghilang Penat, Solusi Atasi Gabut saat Pandemi

Kata gabut ini memiliki konotasi negatif. Sebab, seseorang yang mengatakan dirinya gabut atau mendapatkan predikat gabut kerap diartikan sebagai seseorang yang cenderung tidak berguna dan merepotkan. Umumnya, mereka yang gabut akan dilanda rasa bosan hingga mengakibatkan badmood

Selain itu, istilah gabut ini juga diartikan sebagai seseorang yang bermalas-malasan, cepat bosan, dan tidak memiliki kegiatan selain hanya tiduran atau melakukan hal-hal tidak penting lainnya. 

Oleh karena itu, gabut tidak boleh dijadikan kebiasaan karena akan berdampak buruk untuk diri sendiri dan orang lain. Apabila seseorang terbiasa gabut, maka ia akan mudah merasa malas dan tidak memotivasi dirinya untuk melakukan hal-hal lain. 

2. Tips Agar Tidak Gabut

Supaya tidak merasa gabut sehari-hari maka Anda perlu menyiasatinya dengan melakukan beberapa tips di bawah ini: 

Baca Juga: Apa Arti Cepu Bahasa Gaul yang Trending di Medsos

  • Mendengarkan Musik
    Musik bisa jadi salah satu cara untuk mengusir kebosanan dan membuat aktivitas Anda lebih menyenangkan bahkan bersemangat. Dengan mendengarkan lagu kesukaan, maka dapat membangkitkan mood agar tidak terjebak dalam rasa gabut terlalu lama.
  • Membaca Buku
    membaca buku juga bisa jadi cara jitu untuk menghilangkan gabut. Anda bisa mulai membaca buku-buku yang dibeli. Lakukan hal ini sembari mendengarkan lagu agar lebih konsentrasi. Selain itu, membaca buku juga berguna meningkatkan daya kreatif serta mendapatkan inspirasi.
  • Memotivasi Diri
    Salah satu hal penting agar tidak merasa gabut ialah memotivasi diri untuk melakukan sesuatu. Apalagi jika Anda masih memiliki kewajiban yang harus dituntaskan. Maka selesaikanlah kewajiban tersebut untuk bisa bersantai.

Itulah penjelasan tentang apa itu gabut, bahasa gaul yang memiliki makna konotasi negatif. Jangan gabut lagi ya!

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar