Punya Motor Hebat Tapi Tak Berlaga di MotoGP, BMW Belum Siap Kalah

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Punya Motor Hebat Tapi Tak Berlaga di MotoGP, BMW Belum Siap Kalah
Sepeda motor konsep 9cento dari BMW Motorrad diperkenalkan di ajang Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Italia pada 25 Mei lalu. [BMW Press Club]

BMW bahkan memiliki Superbike S1000RR generasi kedua yang dipuji di pasar internasional.

Suara.com - MotoGP merupakan kompetisi balap sepeda motor paling bergengsi di dunia yang diikuti oleh sejumlah besar merek motor dunia, tetapi sayang di antara nama besar itu BMW hingga kini masih absen.

Nama-nama merek seperti Honda, Yamaha, Aprilia, Ducati, dan Suzuki telah meramaikan MotoGP beberapa dekade terakhir. Tetapi BMW, salah satu merek sepeda motor kebanggan Jerman, sepertinya tak berniat unjuk gigi dalam ajang bergengsi tersebut.

Ollie Barstow dari Visordown menduga ada beberapa alasan mengapa BMW enggan mencicipi panasnya aspal MotoGP.

Salah satunya, adalah karena BMW takut menelan kekalahan di MotoGP. Sebab dengan menelan kekalahan di kancah internasional dapat memberikan pengaruh besar terhadap nama perusahaan.

Selain itu, BMW bukanlah perusahaan dengan penjualan terbaik. Oleh karena itu tidak mudah bagi perusahaan untuk sembarangan menggelontorkan dana. Andai BMW ingin benar-benar turut serta untuk menang, maka perlu investasi besar yang dilakukan perusahaan.

Terkait produk, BMW sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. BMW bahkan memiliki Superbike S1000RR generasi kedua yang dipuji di pasar internasional.

Meski demikian bukan berarti BMW sama sekali tak berperan dalam balapan MotoGP. Dalam dua dekade terakhir, mobil-mobil BMW selalu menjadi safety car dalam ajang MotoGP.

Beberapa tipe mobil sport BMW selalu menjadi safety car dalam 20 tahun terakhir penyelenggaraan MotoGP, antara lain BMW Z8 Roadster, BMW Z4 M Coupe, BMW 1M Coupe, BMW M4, dan yang terbaru BMW M5.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS