Berbekal Radar dan Kamera, Inikah Motor Paling Aman Sedunia?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Berbekal Radar dan Kamera, Inikah Motor Paling Aman Sedunia?
Ilustrasi sepeda motor di jalan raya [Shutterstock].

Pengendara motor bisa mengaspal didampingi teknologi mutakhir, berupa radar dan sensor kamera.

Suara.com - Perusahaan otomotif roda dua asal Kanada, Damon tengah mengembangkan motor paling aman, berbekal teknologi keamanan berlimpah. Seru, futuristik, dan tentunya merujuk kepada standar keamanan zaman now serta masa depan. Sebagaimana bisa diiintip di situs resmi Damon Motorcycle, damonxlabs.

Pada motor konsep bernama Damon X ini, disematkan dua teknologi modern, yakni variable riding position dan sistem peringatan tabrakan berdasarkan kondisi lalu lintas.

Seperti diketahui, teknologi variable riding position memungkinkan pengendara menyesuaikan posisi berkendara secara elektronik. Mulai dari mengubah posisi jok, pijakan kaki, sampai setang clip-on yang terdapat pada Damon X.

Melalui sistem tadi, pengendara bakal semakin nyaman saat mengaspal, apalagi, foot-peg dan jok juga bisa diatur menyesuaikan jarak motor ke tanah.

Selain itu, mengutip Drivespark, Damon mengembangkan teknologi keselamatan bernama Advance Warning System for Motorcycles (AWSM), berupa radar dan sensor kamera. Saat mendeteksi adanya posisi bahaya, sistem akan memberikan sinyal kepada pengendara melalui lampu LED yang berada di kokpit.

Jika pengendara tidak memperhatikan tanda itu, maka sinyal kedua akan dikirimkan, berupa getaran pada jok. Dengan begitu, pengendara bisa segera menghentikan motor yang tengah dibesut, atau menghindari kendaraan kendaraan lain.

AWSM dan komputer pada motor ini terhubung melalui jaringan 5G. Berkat teknologi zaman kekinian dan masa depan itu, perusahaan mengklaim Damon X sebagai motor teraman di dunia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS