Manfaat Olahraga Selain untuk Kesehatan Fisik

Manfaat Olahraga Selain untuk Kesehatan Fisik

Menurut dr. Phaidon L. Toruan dari Indonesian Society For Anti Aging Physician (ISAAP), olahraga bukan saja membantu mengembalikan kelenturan otot, memperkuat tulang, dan menghilangkan timbunan lemak, tetapi juga sangat baik untuk mengatasi stres.

Olahraga juga mampu membuat manusia menjadi lebih hidup. Sebab:

1. Meningkatkan kemampuan berbahasa. Menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Muenster di Jerman, seseorang yang berlari sprint selama 3 menit, akan menyerap bahasa asing lebih cepat 20%.

2. Mengurangi rasa nyeri. Seringkali saat rasa nyeri muncul baik di punggung, lutut, atau leher, kita mengatasinya dengan berbaring seharian. Ternyata, hal itu malah membuat rasa nyeri makin bertambah. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut sebaiknya berolahraga.

3. Lebih bahagia dan bersemangat. Gaya hidup aktif dan sehat akan berdampak positif pada keadaan psikologis seseorang. Penelitian yang dilakukan tim dari University of Bristol, di Inggris mengungkapkan seseorang yang berolahraga secara teratur, pribadinya akan lebih menyenangkan dan selalu bersemangat.

4. Gigi dan mulut lebih sehat. Selain menyikat gigi secara teratur, kesehatan gigi juga dapat ditingkatkan dengan berolahraga. Penelitian yang dilakukan oleh Mohammad Al-Zahrani, PhD, dari Case Western Reserve University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa orang dewasa yang berolahraga selama 30 menit, 5 kali atau lebih setiap minggunya, saat tua nanti bisa menurunkan resiko terkena infeksi gigi dan gusi hingga 42%.

Terkini

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS