Dituduh Mengidap HIV, Lalu Bagaimana Sebenarnya Kita Bisa Tahu Terinfeksi?

Dituduh Mengidap HIV, Lalu Bagaimana Sebenarnya Kita Bisa Tahu Terinfeksi?

Beritabali.com, Denpasar. Dok, adik saya, perempuan, masih ABG, dituduh teman-temannya menderita HIV, karena salah satu mantan pacarnya dibilang sudah HIV duluan. Menurut saya itu jelas tidak mungkin, karena adik saya masih tampak sehat-sehat saja, tidak sedang sakit dan tidak ada yang berubah pada dirinya.

Walau saya pernah diceritakan sama dia kalau selama ini dia sudah pernah berhubungan seksual dengan tiga cowok terakhirnya. Tetapi, banyak juga yang bilang kalau adik saya memang mungkin menderita HIV, apa bisa itu terjadi dok?”  (Agus, 28)   Jawab: Di beberapa kesempatan dan media juga beberapa kali saya coba diskusikan tentang hal ini, karena pertanyaan serupa ini sering dan masih banyak ditanyakan. Jika dilihat kasus ini, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Pertama penyebutan tentang menderita HIV adalah keliru, yang benar adalah mengidap HIV atau dapat juga disebut ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Kenapa keliru, karena sesungguhnya seseorang yang terinfeksi oleh HIV tidaklah langsung menunjukkan gejala sakit, malah sering kali terlihat tetap sehat, bertahun-tahun lamanya.    

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS