alexametrics

Sinabung Erupsi Lagi, Semburkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter

Sinabung Erupsi Lagi, Semburkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter

digtara.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) terpantau kembali erupsi, Selasa (9/2) pagi. Awan panas membubung dengan jarak luncur 2.500 meter.

“Benar, Gunung Sinabung kembali erupsi pagi ini. Teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 2.500 meter mengarah ke timur dan tenggara. Durasinya 340 detik,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra, Selasa (9/2/2021). Selain itu, tambah Armen, erupsi Gunung Sinabung juga mengeluarkan guguran dengan jarak luncur 500-2.000 meter mengarah ke timur dan tenggara. Guguran terjadi sebanyak 39 kali dengan durasi 30-250 detik. “Aktivitas Sinabung masih tinggi dan status Sinabung hingga saat ini masih berada di level III atau siaga,” jelasnya.

Armen tetap mengimbau masyarakat agar menjauhi zona merah Sinabung dengan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung. “Kemudian jauhi radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” paparnya. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Terkini