Tirto.id, Media Pertama di Indonesia yang Terverifikasi International Fact Checking Network


Tirto.id, Media Pertama di Indonesia yang Terverifikasi International Fact Checking Network


KABARPAPUA.CO, Jakarta – Baru saja Tirto dinyatakan sebagai media pertama di Indonesia yang lolos verifikasi oleh Jaringan Periksa Fakta Internasional (International Fact-Checking Network/IFCN). Di kawasan ASEAN, baru tiga media terverifikasi sebagai anggota IFCN, yaitu Rappler dan Vera Files dari Filipina serta Tirto.

IFCN merupakan jaringan media internasional yang berkomitmen mengurangi berita keliru (misinformation) atau pun palsu (fake news/hoax) melalui pemeriksaan fakta dan penjelasan secara rinci. Jaringan yang berdiri pada 2015 ini, terdiri 44 media yang telah lolos verifikasi.

Proses menjadi anggota jaringan diawali pengisian formulir dan kuesioner. Pengisian dilakukan untuk menguji komitmen Tirto sebagai media yang adil dan jujur (fairness), tak berdiri untuk kepentingan dan golongan apa pun (nonpartisipanship), terbuka terhadap sumber yang digunakan (transparency of sources), transparan terhadap pendanaan (transparency of funding and organization), memiliki metodologi yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan (transparency of methodology), serta terbuka terhadap koreksi (open and honest corrections).

 

Terkini