2 TPS di HSU Lakukan Pemungutan Suara Ulang

2 TPS di HSU Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar pemungutan suara ulang (PSU), Kamis (25/4). Dua TPS tersebut yakni TPS 06 Desa Pelampitan Hulu dan TPS 20 Desa Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah.

Meskipun PSU ini hanya untuk memilih Presiden dan DPD RI, namun hal ini tetap menjadi perhatian khusus bagi Bawaslu HSU. Sementara Komisioner KPU HSU Lukmannul Hakim mengatakan, digelarnya pemilihan ulang di dua TPS tersebut karena ada pemilih tidak memiliki KTP elektronik dan tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb. Maka sesuai dengan UU 7 2017 pasal 372 ayat 2 Pemungutan suara di TPS, wajib diulang apabila dari hasil penelitian dan pemeriksaan pengawas TPS terbukti terdapat keadaan huruf D. Yakni, pemilih yang tidak memiliki kartu tanda penduduk elektronik dan tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap dan daftar pemilih tambahan.

“Kendati yang memberikan hak pilih ini warga negara Indonesia dengan alamat di luar Kabupaten HSU, memiliki E KTP akan tetapi tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb di TPS tersebut, sehingga berdasarkan pasal 372 ayat 2 huruf D wajib dilakukan pemungutan suara ulang,” terangnya.

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS