Samsul Bahri Yakin Menang di PTUN

Samsul Bahri Yakin Menang di PTUN

Surat Keputusan (SK) penetepan 25 orang calon terpilih anggota DPRD kabupaten oleh KPU Bangka Selatan (Basel) akan kembali digugat oleh Samsul Bahri dari Partai Gerindra ke Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Pasalnya, nama pria yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Basel tidak ikut ditetapkan oleh KPU sebagai anggota dewan terpilih dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Grand Marina Hotel, Selasa (13/8) kemarin. "Saya tetap melakukan gugatan ke PTUN dan tetap mencari keadilan dan kepastian hukum. Terkait permasalahan penggunaan kendaraan dinas yang menyebabkan saya dianulir oleh KPU Basel," ujar Samsul, Rabu (14/8) siang saat dimintai konfirmasi wartawan.

Sebab kata Ketua DPC Gerindra Basel ini, sudah sejauh mana pihak Bawaslu dan KPU Basel menelaah permasalahan tersebut sebagaimana regulasi atau aturan yang telah kedua lembaga itu keluarkan. Samsul yakin akan menang dalam sidang PTUN.

"Dan kita berkeyakinan masalah ini akan kita menangkan di PTUN bahwa pasal 280 ayat 1 poin h UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017 bukan merupakan tindak pidana Pemilu. Disini KPU sudah melampaui kewenangannya melalui PKPU Nomor 5 tahun 2019," kata dia.

Bahwa, merujuk pasal 39 ayat 1 poin d PKPU Nomor 5 tahun 2019 yang mencabut hak politik orang lain dan tidak menetapkan dirinya sebagai calon terpilih. Sementara Ketua KPU Basel Amri mengaku sudah siap menghadapi upaya hukum yang akan dilakukan Samsul Bahri.

"Kami pada prinsipnya siap dan akan menjawab sesuai dengan apa yang di PTUN kan oleh saudara Samsul Bahri. Yang jelas kami melakukan penetapan ini sudah berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku yaitu UU Pemilu dan PKPU," kata Amri.

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS