Palapa Ring sebagai Deteksi Tsunami, Ini Kata Kemenko Perekonomian

Palapa Ring sebagai Deteksi Tsunami, Ini Kata Kemenko Perekonomian

PADANG -- Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Eddy Satriya mengatakan konsep dasar Badan Penelitian dan Pengkajian (BPPT) terkait Cable Based Tsunameter (CBT) untuk deteksi awal tsunami. CBT ini dicanangkan sebagai alternatif untuk menggantikan Buoy yang memakan biaya operasional (operation expenditure) yang sangat besar.

"Permasalahan terkait penanggulangan bencana di Indonesia masih cukup kompleks, mulai dari belum akuratnya prediksi dan informasi bencana yang sedang atau akan terjadi. Namun, hal itu dapat diatasi melalui pemanfaatan Palapa Ring yang telah beroperasi dan menjangkau seluruh kabupaten/kota di Indonesia, ini akan banyak manfaatnya bagi Padang yang rawan gempa," ungkapnya dalam Focus Group Discussion (FGD) Pemanfaatan Palapa Ring untuk Mendukung Mitigasi Bencana di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Aia Pacah Padang, Kamis (14/11/2019).

Dikatakan Eddy Satriya, pihaknya disini membahas bagaimana memaksimalkan pemanfaatan infrakstruktur yang sudah dibangun sampai ke tahap tulang punggung hingga pengguna khususnya terhadap kebecanaan dengan memanfaatkan teknologi untuk mempercepat penanganan kebencanaan, khususnya mitigasi bencana hingga pasca pencana.

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS