AS Mulai Khawatir dengan Kehadiran Bitcoin - portalsatu.com

AS Mulai Khawatir dengan Kehadiran Bitcoin - portalsatu.com

JAKARTA—Regulator sekuritas Amerika Serikat meminta kepada industri pendanaan memberikan jawaban atas masalah bitcoin dan criptocurrency lainnya.

Kepala divisi utama di Komisi Sekuritas dan Bursa Efek AS merinci kekhawatiran menyangkut perdagangan investasi liar. Mereka juga bertanya apakah investor dapat memahami risikonya dan bagaimana mengatasi kekhawatiran bahwa pasar bitcoin dapat dimanipulasi.

"Ada sejumlah isu perlindungan investor yang signifikan dan perlu diperiksa sebelum sponsor mulai menawarkan dana tersebut kepada investor," kata surat yang ditandatangani Direktur Divisi Manajemen Investasi SEC Dalia Blass, dilansir dari Reuters, Minggu (21/1/2018).

Lonjakan 1.500 persen Bitcoin tahun lalu memicu permintaan investor. Sejumlah perusahaan berlomba meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa yang akan membuat kripto memasuki pasar ritel yang luas. SEC pada Maret menolak permintaan membuat daftar ETF dari investor Cameron dan Tyler Winklevoss, pemilik pertukaran bitcoin Gemini.

Winklevoss berusaha berinvestasi secara langsung di bitcoin. Perusahaan dana lainnya mempertaruhkan harapan mereka pada kontrak berjangka bitcoin yang baru diluncurkan. Produk yang terdaftar di AS ini menjanjikan basis ETF lebih stabil daripada pasar spot mata uang virtual yang sebagian besar tidak diatur.

Banyak dari proposal tersebut ditarik minggu lalu atas permintaan SEC.

Bitcoin terakhir terkoreksi sebagian kecil dari satu persen untuk hari ini di $11.228 di bursa Bitstamp, namun telah jatuh lebih dari 40 persen dari puncaknya pada Desember.

Jeremy Senderowicz, pengacara yang mewakili salah satu proposal untuk produk criptocurrency mengatakan bahwa pernyataan SEC adalah kesepakatan menjadi masalah publik yang harus ditangani oleh fund manager secara kasus per kasus.

"Ini menunjukkan bahwa mereka harus meluangkan waktu untuk mempertimbangkan tanggapan industri sebelum mereka mengubah pikiran mereka," kata Senderowicz dari Dechert LLP. [] Sumber: bisnis.com

Editor: BOY NASHRUDDIN

Terkini

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS