Warga Temukan Mortir Aktif Sisa Peninggalan Belanda - portalsatu.com

Warga Temukan Mortir Aktif Sisa Peninggalan Belanda - portalsatu.com

BANDA ACEH – Samsul Bahri, 41 tahun, menemukan satu unit mortir di seputaran gedung Escape Building, Gampong Deah Glumpang, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Sabtu, 21 Januari 2018 sekira pukul 10.00 WIB. Mortir tersebut diperkirakan sisa perang kolonial di Aceh.

“Telah diserahkan ke Mapolsek Ulee Lheue, satu unit bahan peledak jenis mortir peninggalan zaman Belanda oleh salah satu warga, tepatnya di samping Escape Building,” kata Kapolsek Ulee Lheue, AKP Elfutri, saat dikonfirmasi, Minggu malam.

Elfutri mengatakan, penemuan itu bermula ketika Samsul Bahri melakukan kegiatan bersih-bersih di area penimbunan tanah dan bangunan yang sedang dikerjakan. Ketika mencangkul, tiba-tiba cangkulnya mengenai suatu benda yang keras. Samsul kemudian mengangkat benda tersebut menggunakan tangan.

“Melihat benda yang diangkatnya itu semacam mortir, saksi kemudian memberitahu kepada salah seorang temannya dari anggota Polresta Banda Aceh dan langsung menuju ke Mapolsek Ulee Lheue untuk diserahkan,” katanya.

Kapolsek Ulee Lheue kemudian menyerahkan benda diduga mortir tersebut kepada satuan Gegana pimpinan Aipda Mahlil dari Polda Aceh, yang tiba di Mapolsek pukul 16.30 WIB. Belakangan, hasil observasi personil Jibom diketahui benda tersebut merupakan bom aktif milik militer berjenis mortir, dengan panjang 30 Cm, diameter 9 Cm dan berat 6 Kg.

“Selanjutnya barang bukti dievakuasi ke Mako Den Gegana guna dilaksanakan pendisposalan,” ujar Elfutri.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Terkini