Kenang Almarhum Tgk. Hasan Tiro, Tgk. Muharuddin: Beliau Visioner Ulung

Kenang Almarhum Tgk. Hasan Tiro, Tgk. Muharuddin: Beliau Visioner Ulung

ACEH BESAR – Bola mata Tgk. Muharuddin tampak berbinar. Mulutnya terus komat–kamit membacakan doa. Sambil menadah kedua tangannya, politikus Partai Aceh ini terlihat larut dalam keheningan. Dari raut wajahnya, ia tak mampu menutupi kesedihan dan rasa haru tatkala mengenang sosok Allahyarham Teungku Hasan Muhammad di Tiro. Pasalnya, sang deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu tak akan pernah tergantikan sehingga sulit menemukan sosok ketokohan yang dimiliki putra Aceh asal Tiro, Pidie tersebut.

“Beliau adalah seorang visioner ulung dan hebat. Karakter dan ketauladanannya dalam memperjuangkan hak dan martabat rakyat Aceh sangat luar biasa,” ujar Tgk. Muharuddin ketika berziarah ke makam almarhum Tgk. Muhammad Hasan di Tiro di Desa Meureu, Aceh Besar, Senin, 21 Januari 2019.

Semasa hidupnya, tambah Tgk. Muharuddin, almarhum Tgk. Hasan Tiro telah mengajarkan kepada masyarakat Aceh kapan harus berperang dan kapan harus berdamai. Hal ini terlihat dari sikapnya yang rendah hati dan seluruh isi pikiran dan tenaga terus dicurahkan demi perjuangan masyarakat Aceh. Bahkan, seluruh harta benda tidak ada satupun yang ditinggalkannya ketika sudah menghadap kehadirat Ilahi. 

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS