Ini Komentar GerTAK Soal Temuan Kecurangan di Sejumlah TPS

Ini Komentar GerTAK Soal Temuan Kecurangan di Sejumlah TPS

LHOKSUKON - Koordinator Gerakan Transparansi dan Keadilan (GerTaK), Muslem Hamidi, mengatakan pemilu harus dilakukan dengan jujur dan adil. Apabila ditemukan kecurangan seperti terjadi di sejumlah TPS di Aceh Utara harus segera ditindaklanjuti Panwaslih sesuai ketentuan berlaku.

"Kita apresiasi langkah Panwaslih yang sigap dalam menangani ini. TPS-TPS yang lain kalau ada (kecurangan) juga harus diproses dalam beberapa hari ini, agar setiap pelanggaran dan kecurangan tidak menjadi beban di kemudian hari. Kalau tidak diselesaikan justru akan menjadi pembicaraan masyarakat dan ini bisa membuat nama lembaga Bawaslu itu tidak baik dinilai oleh masyarakat," ujar Muslem kepada portalsatu.com, 19 April 2019, malam.

Menurut Muslem, banyaknya kecurangan ini juga disebabkan begitu rumitnya proses pemilu tahun ini. "Hampir semua proses penghitungan suara di TPS itu kan selesainya sampai Subuh dan pagi hari. Artinya proses pemilu di TPS-TPS itu dikerjakan malam hari hingga Subuh, ini yang membuat potensi kecurangan itu dilakukan pada saat panitia maupun pengawas sedang lelah-lelahnya bekerja di lapangan," ungkapnya.

 

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS