Susi Pudjiastuti Ajak Nelayan Jateng Pakai Kapal Fiber

Susi Pudjiastuti Ajak Nelayan Jateng Pakai Kapal Fiber

SEMARANG — Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak seluruh nelayan di Jawa Tengah beralih menggunakan kapal berbahan dasar fiber glass. Kapal dari serat fiber dinilai lebih cepat dan efisien ketimbang kapal kayu yang cenderung lebih berat.

Berdasar data Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, jumlah nelayan di provinsi ini mencapai 222.000 orang. Hasil perikanan mereka pada tahun 2017 lalu mencapai 376.000 ton.  Rekomendasi Redaksi : KKP Bantu Ratusan Nelayan Pantura Udang dan Cumi-Cumi Jadi Andalan Ekspor Jateng Santri di Semarang Ini Tolak Sepeda dari Jokowi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan pihaknya sedang mendorong nelayan menggunakan kapal fiber. Hal tersebut, dilakukan semata-mata untuk mengurangi pemakaian kayu yang semakin menyusut jumlahnya.

"Kami dari KKP mendorong agar nelayan berani mengganti kapal mereka dengan kapal fiber. Beberapa contoh nelayan seperti di Pangandaran sudah banyak yang menggunakan fiber karena lebih ringan daripada kayu," kata Susi usai berdialog dengan nelayan di kawasan Tambak Lorok, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (20/10/2018).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng Lalu M. Syafriadi menjelaskan sangat mendukung langkah pemerintah pusat mendorong nelayan menggunakan kapal serat fiber.  Kendati demikian, dia mengungkapkan sosialisasi mengenai penggantian kapal kayu dengan kapal fiber tidaklah mudah.

Terkini

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS