Sejarah Hari Ini: 11 Februari 1942, Jepang Kuasai Banjarmasin

 Sejarah Hari Ini: 11 Februari 1942, Jepang Kuasai Banjarmasin

Solopos.com, SOLO — Pada 11 Februari 1942, tentara Jepang mengeluarkan maklumat bahwa Kota Banjarmasin dan sekitarnya diserahkan kepada Pimpinan Pemerintahan Civil (PPC). PPC adalah pimpinan sementara pemerintahan di Kalimantan Selatan dan sekitarnya bentukan Jepang kala pemerintah Hindia-Belanda berhenti beraktivitas.

Dikuasainya Banjarmasin oleh Jepang itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 11 Februari yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 11 Februari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 11 Februari: Rekomendasi Redaksi : 10 Februari 1258, Bagdad Hancur di Tangan Mongol 9 Februari 1943, Jepang Kalah dalam Pertempuran Guadalkanal 8 Februari 1967, ASEAN Didirikan

1502
Untuk kali kedua, penjelajah asal Portugal Vasco da Gama, berlayar dari Lisbon, Portugal menuju India. Vasco da Gama merupakan penjelajah pertama asal Eropa yang berhasil mencapai India dengan mengelilingi Afrika pada 1498. Pada perjalanan kedua itu, Vasco da Gama berangkat bersama 20 kapal perang Kerajaan Portugal.

Lady Jane Grey. (Biography.com)
1554
Mantan Ratu Inggris, Lady Jane Grey, dieksekusi mati dengan dipancung di Menara London, Inggris atas tuduhan pengkhianatan. Pada 1553, Lady Jane Grey pernah bertakhta sebagai ratu Inggris selama sembilan hari.

1593
Sekitar 3.000 pasukan Kerajaan Joseon berhasil mengusir 30.000 pasukan Jepang yang berniat melakukan invasi di tanah Korea. Joseon adalah kerajaan di Korea yang lantas berganti nama menjadi Kerajaan Korea Raya sebelum terpecah menjadi negara Korea Utara dan Korea Selatan.

 

Terkini

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS