Memahami Kemiskinan Satu Digit

Memahami Kemiskinan Satu Digit

Oleh: Claudia Damaris Kaban, SST BADAN Pusat Statistik pada bulan Juli 2018 mengumumkan dalam Berita Resmi Statistik bahwa pada bulan Maret 2018 sebesar 9,82 persen (25,95 juta orang) penduduk Indonesia tergolong kedalam kategori miskin. Ini adalah kali pertama Indonesia memiliki jumlah penduduk miskin satu digit sepanjang sejarah.

Jumlah penduduk miskin ini menurun bila dibandingkan dengan kondisi per September 2017, yaitu sebesar 10,12 persen (26,58 juta orang). Pernyataan BPS ini sempat menjadi perdebatan berbagai pihak. Beberapa pihak memandang hal ini menjadi sebuah prestasi dan pencapaian, namun tidak sedikit yang meragukan kebenaran data ini dan memandangnya sebagai data yang telah dipesan oleh pemerintah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa data kemiskinan adalah data strategis bagi sebuah negara karena dapat menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintahan di era tersebut. Maka adalah hal yang wajar apabila kebenaran data kemiskinan diributkan oleh berbagai pihak. Entah itu pihak yang memang memikirkan tentang negara ini maupun pihak yang memiliki agenda tersendiri.


Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS