BMKG Buat Sekolah Nelayan Di Maluku, Ini Manfaatnya

BMKG Buat Sekolah Nelayan Di Maluku, Ini Manfaatnya

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Badan Meteorologi Kalomatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon membuat Sekolah Lapangan Nelayan (SLN) pertama di Maluku. Sekolah ini bertujuan agar para nelayan lebih meningkatkan produktivitas tangkap dan selamat saat mencari ikan di laut.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada wartawan di Marina Hotel Ambon, Senin (25/3/2019) mengatakan, SLN di Maluku sudah dirancang sejak 2018. Sistemnya dirancang untuk memberi kemampuan kapasitas nelayan dalam hal memanfaatkan cuaca dan iklim.  “Bagaimana nelayan diajarkan cara membacanya, kemudian bagaimana cara menentukan zona tangkap ikan dan zona-zona yang aman dari bahaya gelombang tinggi dan cuaca ekstrem, sehingga tidak mengorbankan nelayan,” kata Karnawati.

Dwikorita yang didampingi Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler mengatakan, pembentukan SLN ini dibuat secara bertahap. Tidak langsung kepada para nelayannya. Terdapat berapa tahap dalam pembentukan sekolah ini.”Untuk sekolah ini terdapat tiga tahap pembentukan, dari pemerintah, penyuluh nelayan dan nelayannya langsung,” katanya.

 

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS