Makanan Pedas Bikin Panjang Umur?

Makanan Pedas Bikin Panjang Umur?

TIMESINDONESIA – Makanan sehat juga dapat meminimalisasi munculnya penyakit kronis. Dikutip dari Kompas.com, ada lima jenis makanan yang jika disantap setiap hari akan membuat sehat dan memungkinkan hidup lebih lama.

1. Ikan 

Ikan tak hanya sebagai makanan yang mampu menyehatkan otak. Penelitian menunjukkan, kandungan karotenoid dalam ikan bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit syaraf. 

2. Kacang 

Alasannya, kacang mengandung banyak nutrisi yang bisa melindungi jantung dan memerangi peradangan. Di dalam kacang terkandung lemak tak jenuh, serat, folat, vitamin E, potasium, magnesium, kalsium, serta antioksidan seperti karotenoid dan flavonoid. Tak perlu khawatir dengan ekstra kalori karena mengonsumsi kacang, karena kacang justru bisa membantu menjaga berat badan, karena sangat mengenyangkan. 

3. Biji-bijian utuh 

Studi di JAMA Internal Medicine mengungkapkan setiap tambahan satu ons sajian biji-bijian utuh bisa menurunkan risiko kematian sekitar lima persen, dan risiko kematian karena penyakit jantung hingga sembilan persen. Para peneliti percaya hal ini dikarenakan nutrisi yang tinggi dalam biji padi, seperti serat, vitamin B dan E, magnesium, dan fitokimia. Namun, ketika membeli roti gandum, pastikan kandungan biji-bijian utuhnya mencapai 100 persen. 

4. Makanan pedas 

Sebuah penelitian menunjukkan, menyantap makanan pedas bisa membantu memperpanjang umur. Studi tersebut melibatkan 450.000 laki-laki dan perempuan China sebagai partisipan. Mereka yang mengonsumsi makanan pedas selama 6-7 hari dalam seminggu memiliki risiko kematian lebih rendah 14 persen, daripada mereka yang hanya sesekali mengonsumsi makanan pedas. 

Terkini

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS