Prihatin Sampah Plastik, Pemkab Sragen Imbau Warga Kurangi Pemakaian

Prihatin Sampah Plastik, Pemkab Sragen Imbau Warga Kurangi Pemakaian

Mengantisipasi bahaya yang ditimbulkan dari sampah plastik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mengimbau kepada warganya agar mulai mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini belum memiliki peraturan terkait penggunaan atau pembatasan penggunaan kantong plastik. Yang dilakukan saat ini adalah mulai membangun kesadaran kepada masyarakat. Sekda menyampaikan, masyarakat harus tahu bila plastik itu butuh waktu bertahun-tahun, bahkan sampai ratusan tahun sampai bisa terurai lagi oleh tanah.

Karena itu, masyarakat jangan hanya ingin murah dan praktis saja saat memakai plastik sebagai pembungkus. Namun juga harus mulai memikirkan dampaknya terhadap lingkungan. Harga plastik memang lebih murah dibanding yang lain, tetapi biaya urai oleh alam yang jauh lebih mahal dan lebih lama.

Apalagi di lingkungan sekitar saat ini, masih banyak alternatif yang bisa dipergunakan sebagai pembungkus selain plastik. Misalnya saja daun pisang, daun jati, besek atau tas pembungkus lain yang bahannya bukan dari plastik. Terlebih, bahan-bahan itu jauh lebih ramah lingkungan dibanding plastik.

Untuk toko-toko dan minimarket, juga diharapkan agar mulai menggunakan bahan lain sebagai kantong belanja pengganti plastik.

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS