Suka Konsumsi Makanan Manis saat Stres, Ini Alasannya

Suka Konsumsi Makanan Manis saat Stres, Ini Alasannya

TIMESINDONESIA – Stres bisa membuat aktivitas seseorang terganggu. Stres juga bisa mempengaruhi kebiasaan seseorang. Salah satunya adalah membuat seseorang lebih senang mengonsumsi makanan manis dan berkalori tinggi. Setelah konsumsi makanan dan minuman manis, rasanya memang lebih tenang dan nyaman.

Dilansir dari nationalgeographic.co.id, penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula dapat menurunkan jumlah kortisol di dalam tubuh. Sehingga, respons otak dalam menanggapi stres akan ikut membaik. 

Perlu Anda tahu, otak manusia membutuhkan energi agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dan, asupan energi itu berasal dari karbohidrat atau gula (glukosa). Tak heran, saat otak kekurangan asupan yang mengandung zat tersebut, ditambah perut juga dalam keadaan kosong, Anda akan lebih mudah stres dan sulit fokus karena fungsi otak ikut menurun. 

Tak sebatas itu, mengonsumsi makanan manis juga bisa merangsang pelepasan hormon dopamin dan serotonin. Dengan hadirnya kedua hormon tersebut, Anda akan merasa lebih bahagia dan senang sehingga stres bisa segera teratasi.

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS