facebook

Tangani Wabah PMK, Polbangtan Malang Terjunkan Relawan di Kabupaten Malang

Tangani Wabah PMK, Polbangtan Malang Terjunkan Relawan di Kabupaten Malang

TIMESINDONESIA – Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung penuh upaya berjenjang yang dilakukan pemerintah daerah dalam penanganan dan pengendalian wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak. Seperti yang dilakukan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) sebagai institusi di bawah naungan BPPSDMP Kementan, dengan menerjunkan relawan di Kabupaten Malang.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta adalah agar seluruh kekuatan di pemerintah pusat dan daerah secara serius melakukan penanganan yang maksimal. Dukungan yang diberikan Kementan, menurut Syahrul, tidak hanya sebatas pengerahan tim lapangan maupun obat-obatan. Ia memastikan pihaknya akan bekerja cepat meneliti dan menghasilkan vaksin PMK. 

“Kami akan terus bekerja, kami lakukan langkah-langkah terpadu yang dapat meminalisir angka penyebaran, baik dengan isolasi, lockdown wilayah atau kandang, kita lakukan tracing, dan intervensi obat-obatan, dan secepatnya kami dapatkan serotype dari PMK ini dan kami dapat segera mungkin menghasilkan vaksinnya,” kata Syahrul.

Terkini