26 Wirausaha Lokal Sukses Raih Anugerah Wirausaha Indonesia 2016

Adhitya Himawan
26 Wirausaha Lokal Sukses Raih Anugerah Wirausaha Indonesia 2016
Malam Penghargaan Anugerah Wirausaha Indonesia 2016. [Trasco Indonesia]

Penghargaan ini untuk menumbuhkembangkan potensi wirausaha di Indonesia.

Suara.com - Memasuki tahun 2016, Pemerintah Indonesia semakin gencar mendorong jumlah wirausahawan. Apalagi mengingat peluit Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah resmi dibunyikan. Menandakan Indonesia harus siap menghadapi “gempuran” dan persaingan pelaku bisnis dari ASEAN.

Bukan hanya itu, era perdagangan bebas regional sekarang ini tentu bisa juga menjadi momentum bagi merek-merek lokal, untuk bisa melebarkan sayap bisnisnya dan ekspansi hingga go internasional.

Namun sebelum berbicara untuk melangkah menembus pasar luar, tentu ada baiknya bila bisnis tersebut mampu bertahan dari segala situasi dan kondisi yang dihadapinya. Seperti pepatah bijak mengatakan; bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu bertahan di masa krisis. Terlebih bila bisnis tersebut dapat sustainable, berkembang, lalu kemudian dapat diwariskan dari generasi ke generasi.

Tentu saja, untuk membangun bisnis yang seperti ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh effort dan pengorbanan dari berbagai sumber daya yang dimiliki untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan.

Sebagai bentuk dukungan dan motivasi terhadap tumbuh kembangnya spirit wirausahawan di Indonesia, sebuah Portal Bisnis & Entrepreneurship BisnisUpdate.com  bekerjasama dengan Trasnco Research menyelenggarakan Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI 2016) pada Rabu (23/3/2016).

Anugerah tersebut merupakan sebuah penghargaan tertinggi bagi para wirausaha di Indonesia atas prestasinya dalam membangun sebuah bisnis dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama dalam membuka lapangan pekerjaan.

Penggagas Anugerah Wirausaha Indonesia Tri Raharjo mengatakan bahwa tujuan dari AWI sendiri adalah untuk memberikan apresiasi terhadap para wirausahawan di Indonesia yang mampu menjadi bagian dalam membangun perekonomian Indonesia.

“Anugerah Wirausaha Indonesia 2016 ini diharapkan mampu mendorong spirit wirausaha di Indonesia untuk terus maju dan dapat terus mengembangkan bisnisnya hingga masa mendatang. Juga memberikan inspirasi bagi wirausaha lainnya untuk mengikuti jejak para penerima AWI 2016 ini. Dan AWI ini pun diharapkan ke depannya mampu memicu tumbuhnya wirausaha baru di Indonesia,” ungkap Tri Raharjo dalam siaran pers, Rabu (23/3/2016).

PROSES PENILAIAN

Untuk menjaring calon pemenang Anugerah Wirausaha Indonesia 2016, Trasnco Research & BisnisUpdate.com melakukan survei mulai dari bulan November 2015 hingga bulan Januari 2016. Kami menyortir tidak kurang 300 pelaku usaha yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, baik media online atau media offline, serta data base internal.

Dari data ratusan database tersebut kami menyeleksi pemilik Usaha/Pengusaha yang memenuhi 3 (tiga) kriteria, yaitu Warga Negara Indonesia / Putra Indonesia, Business Owner dan Pengalaman berbisnis menginjak tahun ke- 5 atau lebih.

Untuk selanjutnya kami memasuki tahap berikutnya yaitu menilai berdasarkan 6 aspek penilaian yaitu: Proven Aspect, Legal Aspect, Achievement Aspect, Business Aspect, Media aspect dan Digital Brand Aspect.

Dari data 6 aspek penilaian tersebut kami melakukan pembobotan berdasarkan jumlah skor dan penilaian dewan juri yang melebihi nilai 75 poin berhak menyandang Anugerah Wirausaha Indonesia.  

Anugerah Wirausaha Indonesia 2016, merupakan bentuk komitmen Bisnisupdate.com dan Trasnco Rsearch dalam menggerakkan dan menumbuhkembangkan potensi wirausaha di Indonesia, agar Indonesia menjadi bangsa yang memiliki daya saing bisnis tinggi dan menjadi bangsa yang benar-benar mandiri.

Trasnco Research sendiri memiliki tujuan untuk mendorong dan mempromosikan nilai-nilai kewirausahaan dalam iklim yang kompetitif saat ini dan untuk menyoroti pentingnya memasuki pasar global. Dari ratusan profil yang telah kami survey, kami melihat kekuatan yang luar biasa untuk berkembang. Meski demikian, perlu adanya pengakuan atau penasbihan terhadap wirausaha yang memang berprestasi. Sehingga mereka benar-benar diakui oleh dunianya.

Dari hasil survey tersebut kami sangat optimis terhadap wirausaha & merek-merek anak negeri. Pasalnya, banyak merek-merek yang eksis selama belasan tahun bahkan memasuki usia bisnis yang ke-20 tahun, yang kami nilai mampu berkompetitisi secara kompetitif baik nasional.

Dari hasil survey tersebut, terplih sekitar 26 pengusaha yang akan menerima penghargaan Anugerah Wirausaha Indonesia 2016. Berikut Diantaranya;

  1. Bapak. Andy Rakhmat Santoso – Owner Beach laundry.
  2. Ibu. Trisya Suherman – Owner Bambu Spa
  3. Bapak. Arie Prayanto – Owner Bebek Jumbo
  4. Bapak. Dhenny Dhelanto – Owner Dapoer Roti Bakar
  5. Bapak. Try Wibowo – Owner Insan Medika
  6. Bapak. Anas Fachmi – Owner Lup Lup Bubble Drink
  7. Ibu. Sri Sumarni - Owner Kane Fried Chicken
  8. Bapak. Reiner Bonifasius Rahardja - Founder & CEO PT. Reitech Solusindo.
  9. Ibu. Rina Laurentie – owner RH Salon & Family Spa
  10. Bapak. Riandi Ridwan – owner Anak Air Swim School
  11. Bapak. Widodo Hariyanto – Owner Warung Tekko
  12. Ibu. Christiana Agustin – Owner Steffie Collection
  13. Bapak. Febi Salam – owner PT. Bogatama Interaksi Granendra
  14. Bapak. Khafidz Nasrullah - owner Kendal Agro Atsiri
  15. Bapak. Johan Tirtha - Owner Warung Sangrai.
  16. Bapak. Edy Ongkowidjaya – owner D’Penyetz
  17. Ibu. Afifah S Sekhon – owner Gian Pizza
  18. Ibu. Fifi Lim– Owner Mom N Jo
  19. Bapak. Muhammad Kurnia – Owner Shasmira
  20. Bapak. Henry Indraguna – Owner Auto Bridal
  21. Bapak. Yudi  Mintoro Sumali - Owner Robotics Education Center
  22. Bedi Zubaedi – Owner Quick Chicken
  23. Nyoman Rio Palupi - Owner Depot Ayam Penyet
  24. Jade Wasito – Owner PT Biru Sejahtera Abadi – Raja Gerobak
  25. Sunarja Lesmana – Direktur Utama Bandar Djakarta
  26. Bapak. Ahmad Ari Nugrahanto –  CEO Actioncoach Indonesia dan Founder/Owner Kelola Digital Inc.
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Satu jam lagi!
Facebook Live @suaradotcom Talkshow bersama Sandiaga Uno @sandiuno membahas posisi Jakarta di mata Dunia🇮🇩
.
Hari Sabtu 16 Desember 2017 Jam 11 : 00 WIB
.
Nah kalau kamu ingin Jakarta seperti apa? 
Staytuned! Facebook: Suaradotcom📽
.
#suaradotcom #facebooklive #sandiagauno #paradigma #pemprovdkijakarta #talkshow #infojakarta #livefacebook #portalmedia  #sandiagaunountukdki #dkijakarta

INFOGRAFIS