Jeblok di BAMTC, Indonesia Yakin Bangkit di Sudirman Cup 2019

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Jeblok di BAMTC, Indonesia Yakin Bangkit di Sudirman Cup 2019
Tim Indonesia harus puas meraih medali perunggu di Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) atau Tong Yun Kai Cup 2019 usai kalah 0-3 dari Jepang di Queen Elizabeth Statium, Hong Kong, Sabtu (23/3/2019). [Dok. PBSI]

Tim Indonesia tampil buruk di Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) alias Tong Yun Kai Cup 2019.

Suara.com - Indonesia mendapat hasil jeblok di Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) atau Tong Yun Kai Cup 2019. Mereka harus puas hanya meraih medali perunggu usai takluk 0-3 dari Jepang di babak semifinal, Sabtu (23/3/2019).

Susy Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, pun angkat bicara terkait hasil minor tersebut. Menurutnya, prestasi Indonesia di BAMTC bukanlah gambaran penampilan tim Indonesia di Sudriman Cup 2019 nanti.

Menurut peraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona itu, di BAMTC mayoritas skuat Indonesia didominasi pemain pelapis. Sementara di Sudirman Cup nanti, Susy memastikan pemain elite akan menghiasi daftar pemain.

"Tentu ini tidak akan menjadi gambaran Piala Sudirman nanti. Karena pemain andalan kami tidak diturunkan (pada BAMTC). Begitu juga dengan tim dari negara lain," ujar Susy Susanti dalam rilis yang diterima Suara.com, Minggu (24/3/2019).

Lebih jauh, Susy menjelaskan jika hasil di Tong Yun Kai Cup 2019 tetap harus dipandang positif. Turnamen beregu campuran itu telah menjadi wadah bagi para pemain pelapis untuk menimba pengalaman dan merengkuh poin peringkat BWF.

"Turnamen ini menjadi pengalaman yang baik buat pemain-pemain muda kami. Karena selanjutnya kan mereka yang akan jadi ujung tombak Indonesia," tukas Susy.

Sebagaimana diketahui Indonesia kalah 0-3 dari Jepang di semifinal Tong Yun Kai Cup 2019 setelah wakil-wakil yang diturunkan, yakni Sabar Karyaman Gutama / Frengky Wijaya Putra, Ruselli Hartawan maupun Shesar Hiren Rhustavito gagal keluar dari tekanan.

Pasangan Sabar / Frengky kalah dari Takuro Hoki / Yugo Kobayashi dengan skor 11-21 dan 18-21. Sementara itu Russeli ditekuk Sayaka Takahashi 15-21, 15-21. Sedangkan Shesar dibenamkan Kanta Tsuneyama, 21-15, 17-21, dan 16-21.

Hasil ini membuat Indonesia kembali mengulang pencapaian di Tong Yun Kai Cup dua tahun lalu. Saat itu Indonesia juga terhenti di semifinal oleh tim Negeri Sakura, namun dengan skor ketat 2-3.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS