Siapkan Regulasi Baru, Bakal Banyak Aksi Saling Susul di F1 Musim 2021

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Siapkan Regulasi Baru, Bakal Banyak Aksi Saling Susul di F1 Musim 2021
Pebalap Formula 1 dari tim Mercedes, Valtteri Bottas, saat melaju di sesi latihan ketiga GP Azerbaijan di Baku, Sabtu (24/6/2017). [Andrej Isakovic/AFP]

Regulasi baru F1 diyakini akan membuat balapan kembali menarik.

Suara.com - Ajang balap mobil Formula 1 mungkin kalah menarik dari MotoGP. Untuk itu, pihak penyelenggara F1 pun memutar otak dan menghasilkan regulasi baru yang akan diterapkan pada Musim 2021.

Diklaim, di musim mendatang para pembalap F1 akan lebih sering saling susul, yang membuat balapan lebih seru dan menarik perhatian penonton seperti saat era Michael Schumacher dan Mika Hakkinen.

Dilansir Carscoops, regulasi ini berkaitan dengan desain mobil yang nantinya akan digunakan di Formula 1 musim 2021.

Konsep mobil baru ini akan meningkatkan sektor downforce. Lebih jelasnya, bagian depan dan belakang mobil akan menggunakan desain sayap yang lebih ringan dan simpel.

Nantinya, desain sayap yang lebih ringkas akan memaksimalkan ground effects, yang akan membuat mobil Formula 1 bisa melakoni balapan lebih rapat lagi, dan menghasilkan balapan yang lebih seru dan menantang.

Sketsa Mobil Formula 1. (Carscoops)
Sketsa Mobil Formula 1. (Carscoops)

Saat ini, mobil balap Formula 1 kehilangan sekitar 45 persen downforce ketika mobil saling membuntuti. Hal ini terjadi akibat turbulensi yang harus dihadapi mobil-mobil tersebut saat akan menyalip.

Nantinya di regulasi mobil F1 yang baru bisa menekan angka downforce hingga 5-10 persen.

Lebih lanjut, mobil Formula 1 di musim 2021 juga akan menggunakan ban berukuran 18 inci dari Pirelli. Produsen ban asal Italia itu, juga dituntut untuk mengembangkan jenis ban baru yang lebih lentur.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS