alexametrics

Enea Bastianini Kaget Bisa Raih Podium Perdana di MotoGP San Marino

Arief Apriadi
Enea Bastianini Kaget Bisa Raih Podium Perdana di MotoGP San Marino
Pebalap tim Avintia Ducati, Enea Bastianini yang berhasil finis ketiga di MotoGP San Marino 2021, melakukan selebrasi bersama pebalap Ducati, Francesco Bagnaia (kiri) selaku kampiun di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Italia, Minggu (19/9/2021). ANDREAS SOLARO / AFP.

Enea Bastianini fisin ketiga di MotoGP San Marino 2021.

Suara.com - Performa apik pebalap Avintia Ducati, Enea Bastianini di MotoGP San Marino 2021 tak hanya mengejutkan banyak orang, tetapi juga sang pebalap sendiri.

Enea Bastianini berhasil finis ketiga guna merebut podium perdananya di ajang MotoGP di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Italia, Minggu (19/9/2021).

Pebalap asal Italia itu mengawali balapan dari posisi ke-12, tetapi perlahan-lahan mampu bangkit untuk memperebutkan posisi terdepan.

Melansir dari Crash, Senin (20/9/2021), Bastianini secara konsisten meraih fastest lap selama balapan tersebut sebelum melakukan upaya pertamanya menyalip Jack Miller guna mengamankan posisi ketiga.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Incar Kesuksesan Casey Stoner di Misano

"Podium pertama di MotoGP sangat spesial. Hari ini feeling dengan motornya sangat bagus dan tetap memungkinkan bagi saya untuk banyak mendorong, terutama di tengah balapan," ucap Bastianini.

"Setelah saya menyalip Jack (Miller) dan saya melihat di tabel (saya berada di) posisi ketiga, saya sangat senang."

"Pada akhirnya, enam lap terakhir saya mencoba untuk menutup jarak dengan Pecco (Bagnaia) dan Fabio (Quartararo), tetapi saya mengalami penurunan di ban depan karena saya banyak mendorong di tengah (balapan)."

Meski hasilnya cukup mengejutkan banyak orang, Enea Bastianini sejatinya memang tampil cepat sepanjang akhir pekan.

Sebelum balapan di MotoGP San Marino, ia juga berhasil menunjukan potensinya dengan finis urutan keenam di Aragon yang merupakan hasil terbaiknya saat itu.

Baca Juga: Baru Saja Gabung Petronas Yamaha, Andrea Dovizioso Mulai Mengeluh

Kendati demikian, Bastianini sendiri mengaku tak percaya bisa meraih podium perdananya di kelas MotoGP pada seri San Marino.

"Saya percaya diri untuk melakukan balapan yang sangat bagus, tetapi tidak untuk podium karena saya start dari posisi ke-12," kata Enea Bastianini.

"Tapi setelah saya berada di posisi keenam, lalu kelima, saya berpikir 'oke, ini hari saya'. Akhirnya podium pun tiba," lanjutnya.

Bastianini harus menyalip beberapa pebalap ternama untuk mengklaim podium pertamanya, termasuk menyalip juara dunia Marc Marquez, Joan Mir, dan Jack Miller.

Sementara dia bisa belajar banyak selama balapan sambil bertarung dengan pebalap lain, Bastianini percaya banyaknya peningkatan di akhir pekan tersebut karena ia semakin memahami motor Ducatinya.

"Saya telah belajar banyak hari ini. Dengan orang-orang ini, para pebalap ini, menyenangkan bagi saya untuk menyalip Marc Marquez dan Jack Miller dalam pengereman," ujar Bastianini.

"Tapi saya pikir saya telah belajar lebih banyak tentang motornya selama akhir pekan dan juga di Aragon ketika saya (balapan) tanpa pebalap di depan," pungkasnya.

Penulis: Jacinta Aura Maharani

Komentar